Memulai dalam Balap BMX
image source: freepik.com

Memulai dalam Balap BMX

Sepeda BMX adalah jenis khusus sepeda low profile, dengan roda lebih kecil dari biasanya, yang dapat digunakan untuk balap. Mereka dirancang untuk menjadi sangat ringan tetapi juga sangat kuat, serta efisien untuk kecepatan. Mereka juga dikenal lebih mudah melakukan trik daripada sepeda biasa.

BMX adalah singkatan dari sepeda motorcross, yang mengacu pada asal olahraga: anak-anak menonton balapan motorcross di TV pada 1970-an dan ingin menirunya. Karena mereka tidak memiliki sepeda motor sendiri, mereka menggunakan sepeda mereka untuk balapan di trek tanah yang mirip dengan yang mereka lihat. Hari ini, olahraga ini terkenal sebagai salah satu dari sedikit olahraga di mana orang di bawah usia sepuluh tahun berpartisipasi hampir secara eksklusif. Meskipun ada beberapa BMXer profesional yang lebih tua, kebanyakan dari mereka beralih ke olahraga bersepeda atau sepeda motor lainnya.

Di kalangan anak-anak saat ini, BMX masih menjadi salah satu jenis sepeda yang paling populer, meskipun tidak bersaing dalam kompetisi, dan majalah BMX adalah beberapa majalah terlaris untuk para penghobi. Ini mengejutkan banyak orang, karena olahraga ini sebagian besar dianggap mati di tahun 80-an dan awal 90-an, hanya untuk mengalami kebangkitan dramatis pada pertengahan 1990-an yang berlanjut hingga hari ini.

BMX sekarang menjadi salah satu kelompok olahraga ekstrim seperti skateboard dan snowboarding, dan trik serupa dapat dilakukan dengan menggunakan sepeda seperti yang dilakukan oleh para komuter. Olahraga Freestyle BMX diciptakan untuk memungkinkan pengendara BMX untuk fokus melakukan trik di taman skate daripada balap, dan sejak itu bisa dibilang melampaui popularitas balap BMX sepenuhnya – dan ini adalah gaya yang pengendara BMX, Mat Hoffman dan Dave Mira, dikenal ikut berkompetisi.

Balap BMX adalah olahraga yang menyenangkan bagi anak muda. Untuk anak-anak, sepeda dasar harus memiliki roda 20 inci. Pengendara di bawah usia enam tahun dapat menggunakan semua jenis sepeda yang mereka miliki, bahkan jika itu bukan sepeda gaya bebas BMX sungguhan. Anak kecil ini mungkin masih mengendarai sepeda dengan roda berukuran 12 inci. Beberapa trek memiliki balapan Big Wheel.

Sebuah cruiser atau sepeda gunung dengan roda 24 atau 26 inci mungkin juga baik-baik saja, tapi periksa dulu dengan jejak lokal Anda untuk mendapatkan saran. Beberapa trek akan memungkinkan Anda untuk membalap sepeda gunung dalam kategori “penjelajah”.

Sepeda apapun yang Anda gunakan harus dilengkapi dengan metode seperti ini. Lepaskan semua reflektor. Lepaskan penyangga dan pelindung tulang kering untuk mencegah cedera pada puing-puing.

Sepeda harus memiliki bantalan pada tabung atas, batang dan palang. Kebanyakan sepeda gaya bebas BMX sudah memiliki bantalan ini. Jika sepeda Anda tidak memilikinya, menambahkan fitur keselamatan ini akan dikenakan biaya sekitar $5.

Sepeda harus memiliki setidaknya satu rem yang berfungsi. Rem coaster baik-baik saja jika hanya itu yang ada pada sepeda. Sepeda harus dipersiapkan dalam kinerja yang aman.

Akhirnya, pasang piring kertas ke tali. Ini akan menjadi plat nomor Anda. Ketika Anda sampai di trek, mereka akan memberi Anda nomor untuk dipasang. Nomor ini akan mengidentifikasi Anda untuk wasit dan penggemar saat Anda balapan.

Keamanan itu penting

Untuk melindungi kepala, helm sangat penting. Tergantung pada aturan trek, mungkin diperlukan helm full-face atau helm dengan pelindung mulut terpisah. Trek lain akan menerima segala jenis helm gaya motocross murah.

Kenakan pakaian pelindung. Celana panjang atau jeans biasa melindungi kaki pengendara. Untuk melindungi lengan, kenakan kemeja lengan panjang. Karena pengendara akan menggunakan kaki mereka, mereka harus memakai sepatu kokoh yang baik yang membuat mereka nyaman saat berkendara.

Meskipun Anda bisa balapan tanpa sarung tangan, sebaiknya Anda memakainya. Pastikan nyaman dan tidak mengganggu gerakan tangan Anda. Terakhir, bawalah peralatan sepeda dan pompa udara jika diperlukan perbaikan.

Siap untuk balapan

Untuk balapan, pebalap potensial perlu menemukan trek. Toko sepeda lokal mungkin memiliki informasi tentang di mana jalur terdekat. Atau Anda bisa mengecek di situs National Bicycle Association (NBL) atau American Bicycle Association (ABA). Ini adalah badan-badan yang memberikan sanksi kepada balap BMX. Mereka menawarkan saran dan asuransi untuk jalur lokal. Sebagai anggota NBL atau ABA, Anda akan memiliki asuransi kesehatan jika Anda terluka saat balapan dan Anda tidak memiliki asuransi lain.

Orang tua atau wali harus menemani penumpang untuk memberikan izin kepada anak untuk balapan. Akta kelahiran harus ditunjukkan sebagai bukti usia. Sebagian besar trek mengenakan biaya antara $15 dan $35 untuk lisensi balap dan merupakan lisensi sepanjang tahun yang bagus. Ada juga biaya masuk untuk setiap balapan, yang biasanya antara $6 dan $10.

Untuk kunjungan pertama Anda ke trek tertentu, Anda bisa sampai di sana kira-kira dua jam sebelum dimulainya balapan pertama Anda. Temukan pos atau trailer pendaftaran dan daftarkan diri anda disana.

Kemudian mengembara di jalan. Cobalah untuk mengingat di mana lompatannya. Kemudian saatnya untuk pelatihan. Kenakan helm dan peralatan lainnya dan ikuti yang lain ke gerbang awal. Lihat apa yang dilakukan orang lain dan ke mana mereka pergi. Starter harus menempatkan roda depannya pada gerbang start, menjaga satu kaki di pedal dan yang lainnya di tanah. Mulai mengayuh saat gerbang turun. Lakukan perlahan beberapa kali pertama sampai Anda merasa nyaman.

Setelah pelatihan, balapan akan diposting. Orang-orang di tenda pendaftaran dapat memberi tahu Anda di mana balapan khusus Anda akan ditempatkan dan bagaimana balapan sebenarnya bekerja. Anda akan berada dalam grup atau “moto” dengan pengendara lain seusia Anda. Sejajarkan mereka di area pementasan. Saat grup Anda dipanggil, naik dan balapan! Ini kemungkinan akan terjadi tiga atau empat kali, tergantung pada sistem apa yang digunakan jalur, setelah itu akan selesai. Jika Anda menang, Anda bisa mendapatkan piala. Bahkan jika tidak, Anda akan bersenang-senang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *