Sebutkan dan Jelaskan 4 Peran Pelaku Ekonomi

Soal : sebutkan dan jelaskan 4 peran pelaku ekonomi

Jawaban :

Rumah Tangga

Masyarakat yang dimana menjadi sebuah konsumen dari berbagai macam bentuk dari barang maupun jasa dari hasil produksi yang dimiliki olehnya. Atau pemakai dari barang dan juga jasa.

Perusahaan

Sebagai sebuah kegiatan produksi yang dimana dilakukan oleh banyak perorangan, perusahaan, hingga kepada lembaga maupun kepada berbagai macam bentuk dari badan usaha milik negara.

Pemerintah

Pemerintah sebagai sebuah bentuk pengatur, penstabil dan juga melakukan pengembangan dari berbagai macam bentuk kegiatan ekonomi yang dimana berada di dalam masyarakat.

Luar Negeri

Sebagai penyedia bahan baku yang dimana berasal dari luar negeri dan juga membeli kebutuhan yang dimana tidak didapatkan dari dalam negeri.

Penjelasan :

Kegiatan ekonomi merupakan kegiatan atau aktivitas yang bertujuan untuk memenuhi segala kebutuhan hidup manusia. Ada tiga macam kegiatan ekonomi yang dilakukan masyarakat yaitu kegiatan produksi, kegiatan konsumsi yang mana kegiatan ini melibatkan banyak pihak, dan yang terakhir adalah kegiatan distribusi. Pihak-pihak dari kegiatan tersebut sering disebut juga pelaku ekonomi. Tanpa adanya pelaku ekonomi, maka perputaran roda perekonomian setiap negara tidak akan terjadi atau berputar.  Bisa dikatakan pelaku ekonomi adalah kunci roda perekonomian. 

👉 TRENDING:  Jelaskan Syarat Harta Yang Diwakafkan

Dalam perekonomian suatu negara, pelaku ekonomi dibagi menjadi 4 yakni rumah tangga, perusahaan, pemerintah dan luar negeri. Dari keempat pelaku ekonomi tersebut, masing-masing mempunyai peran berbeda serta setiap pelakunya bisa mempengaruhi jalannya roda ekonomi suatu negara. 

Apa saja peran pelaku ekonomi? 

Dalam kegiatan ekonomi, pelaku ekonomi rumah tangga memiliki dua peran penting, diantaranya adalah sebagai pelaku konsumsi atau disebut dengan konsumen. Konsumen berperan dengan membeli atau memanfaatkan produk baik berupa jasa dan barang dalam memenuhi kebutuhannya. 

Peran lainnya dari pelaku ekonomi ini adalah sebagai pelaku produksi atau produsen. Produsen sebagai pelaku ekonomi ini berperan dengan menyediakan beberapa faktor produksi seperti lahan, modal, bahan baku, tenaga kerja.  

👉 TRENDING:  Contoh Sumber Daya Alam Renewable dan Unrenewable Resource

Selanjutnya ada pelaku ekonomi pemerintah. Peran dari pelaku pemerintah sendiri ada 3 macam yaitu pemerintah sebagai konsumen, produsen dan berperan menjadi pengendali perputaran ekonomi negara. 

Untuk memenuhi setiap kebutuhan dalam negeri, kerjasama antar pemerintah dan pihak asing tentu sangat diperlukan. Inilah peran dari pelaku ekonomi luar negeri. Kerjasama yang disebut di atas bisa dari bidang perdagangan. Sebagai contoh China mengekspor smartphone ke Indonesia. Baik negara China ataupun Indonesia akan mendapatkan tambahan devisa dari perputaran ekonomi ini. 

Selain perdagangan, pelaku ekonomi ini juga berperan sebagai pertukaran tenaga kerja, penanaman modal pihak asing, peminjaman modal dan juga penerima bantuan. 

Di Indonesia pelaku ekonomi perusahaan terdiri dari tiga kategori yakni BUMS, BUMN dan juga koperasi. Peran yang dilakukan perusahaan dalam perekonomian negara antara lain memproduksi jasa atau barang, memanfaatkan semua faktor produksi agar proses produksi berjalan, sebagai distributor atau penyalur barang dan juga jasa, mensejahterakan masyarakat atau karyawan di lingkungan perusahaan, menjamin keselamatan karyawan serta menjamin hari tua, dan menambah penghasilan negara yang berasal dari pajak. 

👉 TRENDING:  Jelaskan Syarat Harta Yang Diwakafkan