Aplikasi Daftar Kartu Prakerja

Program Kartu Prakerja untuk gelombang 30 sudah dibuka. Jika Anda sebelumnya gagal pada beberapa gelombang maka kini jadi waktu untuk mencoba kembali dan bergabung pada  gelombang 30. Mungkin ada sudah familiar dengan syarat dan cara daftar kartu Prakerja karena pernah gagal. Namun jika ini jadi kali pertama bagi Anda melakukan pendaftaran maka berikut ada beberapa penjelasannya. 

Syarat Daftar Kartu Prakerja 

  • Warga negara Indonesia yang berusia di atas 18 tahun 
  • Tidak sedang menempuh pendidikan secara formal.
  • Merupakan orang yang sedang mencari kerja, para pekerja atau buruh yang sedang terkena PHK, ataupun para pekerja atau buruh yang memang membutuhkan peningkatan untuk kompetensi kerja, seperti pekerja maupun buruh yang dirumahkan serta pekerja bukan penerima upah, termasuk juga para pelaku usaha mikro dan kecil.
  • Bukan merupakan penerima bantuan sosial yang lainnya, di masa pandemi COVID-19.
  • Bukan pejabat negara, pimpinan serta anggota DPRD, TNI, ASN, anggota Polri atau Kepolisian, Perangkat desa seperti Kepala Desa serta perangkat desa lainnya, dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas di BUMN atau BUMD.
  • Maksimal 2 Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang ada di dalam 1 Kartu Keluarga (KK) dan jadi Penerima Kartu Prakerja.

Cara Daftar Kartu Prakerja

  1. Login melalui portal resmi di www.prakerja.go.id
  2. Siapkan beberapa dokumen pendukung seperti Kartu Keluarga (KK), NIK atau Nomor Induk Kependudukan dan data diri lengkap lainnya
  3. Ikuti petunjuk atau cara yang ada untuk menyelesaikan proses verifikasi pada akun.
  4. Siapkan alat tulis yang digunakan untuk ikut tes motivasi serta kemampuan dasar.
  5. Setelah ikut serta pada tes secara online, klik ‘Gabung’ di gelombang Kartu Prakerja saat ini sedang dibuka.
  6. Tunggu hingga pengumuman tentang lolos dan tidaknya program Kartu Prakerja.

Di atas adalah beberapa cara daftar Kartu Prakerja yang bisa Anda gunakan. Selain mengetahui caranya Anda juga perlu memperhatikan syarat dan ketentuan yang ada sehingga bisa sesuai dan kemungkinan lolos jadi semakin besar. Sayangnya saat ini belum ada aplikasi kartu prakerja resmi dari Pemerintah. Pendaftaran masih menggunakan website saja. Selamat mencoba semoga bermanfaat.