Cara Daftar Kartu Prakerja

Cara mengajukan kartu prakerja tidak terlalu sulit untuk dilakukan, meskipun Anda baru pertama kali mencoba mendaftar program ini. Bagi siapa saja yang memenuhi persyaratan untuk mencoba mendaftar pada program resmi yang dibuat oleh Pemerintah Indonesia.

 

Program ini sendiri sudah berlangsung sejak tahun 2020 dan masih terus berjalan.

 

 

 

Apa Itu Pra-Kerja?

 

 

Pra-kerja adalah program yang dijalankan pemerintah Indonesia dan telah beroperasi sejak tahun 2020. Sejauh ini program ini sudah berjalan hampir dua tahun dan memiliki jumlah mahasiswa pascasarjana yang banyak di program pemerintah ini.

 

 

 

 

Beberapa juga mendapat manfaat dari program ini dengan menerima insentif dan berbagi informasi. Semua anggota yang berhasil mengikuti program pra-kerja, akan menerima kartu pra-kerja.

 

Kartu Prakerja ini merupakan bagian dari program pemerintah yang awalnya ditujukan untuk mengembangkan keterampilan dan kompetensi generasi muda. Apalagi di usia tua untuk memiliki keterampilan dan kemampuan yang lebih baik.

 

 

 

 

Mampu bersaing di dunia kerja dengan keterampilan dan kemampuannya. Namun, di penghujung tahun 2019, ketika dunia menghadapi pandemi yang mematikan sektor ekonomi di berbagai negara, termasuk Indonesia.

 

Rencana pra-kerja berlaku lebih cepat dari yang direncanakan sebagai salah satu solusi untuk memperbaiki kondisi ekonomi di Indonesia. Pembelian Kartu Ketenagakerjaan Nasional sebenarnya dilakukan dengan cepat untuk membantu para pekerja yang terkena PHK.

 

 

 

 

Awalnya, program ini ditujukan untuk anak-anak sederhana dan produktif untuk membantu mereka mengembangkan keterampilan dan kemampuan yang lebih baik. Namun pada akhirnya program tersebut ditujukan kepada para pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat wabah Covid-19.

 

Program yang dimulai pada April 2020 ini diharapkan dapat membantu para pekerja yang terkena dampak wabah tersebut. Dan generasi muda yang masih berproduksi untuk mengembangkan keterampilan dan kemampuannya di bidang kerja.

 

 

 

 

Pada tahun 2020, pemerintah telah mengalokasikan dana hingga USD 1 triliun untuk mendanai program ini. Dan pada tahun 2021, Pemerintah telah menggandakan anggarannya sejak tahun lalu, mencapai 20 triliun.

 

Artinya, peluang untuk mendapatkan kartu prakerja terbuka. Karena open penugasan lebih banyak dari tahun lalu.

👉 TRENDING:  Cara Beli Tiket Persebaya

 

 

 

 

Peserta berhasil lulus karena mengetahui cara mendaftarkan kartu prakerja dengan benar sehingga bisa mendapatkan kartu prakerja. Maka Anda berhak menerima uang tunai dengan biaya Rp. 3,5 juta dalam program ini.

 

Hibah atau dana tidak akan diberikan secara langsung tetapi bertahap melalui pemberian dana Rp. 1 juta jika disetujui sebagai dana pelatihan. Setelah itu Anda akan menerima santunan bulanan sebesar Rp. 600 ribu.

 

Anda juga akan diberikan periode pelatihan bulanan selama 4 bulan. Kemudian Anda juga akan menemukan tas Rp. 150 ribu sebagai dana survei.

Tujuan dari rencana pra-kerja

 

 

Sebelum Anda mengetahui cara mendaftar kartu pra kerja agar diterima dan berhasil Anda harus memilih untuk menerima insentif dan pelatihan praktis untuk mengasah keterampilan dan kemampuan Anda di dunia kerja.

 

 

 

 

Berikut ini adalah tujuan dari rencana pra-kerja:

 

Indonesia adalah salah satu negara terpadat di dunia, tetapi kepadatan penduduk ini tidak sama dengan penciptaan lapangan kerja. Dengan kata lain, sulitnya mencari pekerjaan di Indonesia.

 

Hal ini tidak hanya disebabkan oleh kurangnya lowongan di Indonesia, tetapi juga karena kurangnya staf yang berkualitas. Karena rata-rata tingkat sumber daya manusia di Indonesia relatif rendah.

 

Padahal, Indonesia memiliki banyak anak muda dan produktif. Namun, karena rendahnya sumber daya manusia di tanah air, membuat mereka sulit bersaing di dunia kerja.

 

Alhasil, Indonesia penuh dengan tenaga kerja asing yang dinilai memiliki kualitas kerja terbaik. Atas dasar itu, program pra kerja diciptakan untuk mengembangkan keterampilan dan kemampuan masyarakat Indonesia. Terutama di tahun-tahun produktif dengan pelatihan.

 

 

 

 

Rata-rata tingkat SDM di Indonesia masih sangat rendah sehingga dianggap tidak kompeten di dunia kerja. Oleh karena itu, agar orang Indonesia tidak diperbudak di negaranya dengan menjadi buruh belaka.

 

Oleh karena itu, program pra-kerja bertujuan untuk mengajak masyarakat Indonesia meningkatkan kualitas sumber daya manusia di tanah air. Mampu menghasilkan karyawan yang terampil, cerdas, cerdas dan berkualitas.

 

Kemampuan mengatur dunia kerja di negaranya sendiri atau bahkan bersaing di dunia kerja dengan standar internasional.

👉 TRENDING:  Cara Bikin NPWP Online

 

 

 

3. Membantu Perekonomian Rakyat

 

 

Program pra-kerja mulai bertepatan dengan wabah Covid-19, yang memaksa banyak orang kehilangan pekerjaan. Belum lagi krisis ekonomi akibat dampak epidemi.

 

Oleh karena itu, program ini bahkan sengaja dirancang untuk membantu para pekerja yang terdampak wabah Covid-19. Dengan memberikan insentif yang dapat diperoleh setelah menyelesaikan pelatihan. Insentif untuk menerima Rp. 3,5 juta.

 

Dana ini tidak diberikan secara cuma-cuma tetapi akan diberikan jika anggota prakerja yang telah berhasil menyelesaikan pelatihan tidak diberikan. Sehingga dana yang diberikan tidak akan sia-sia karena bisa bermanfaat sebagai pembiayaan usaha.

 

Juga pelatihan yang diberikan dapat membantu anggota pra-kerja memperoleh keterampilan dan kemampuan, terutama di sektor bisnis. Ini sangat membantu pada saat epidemi ketika banyak orang harus kehilangan pekerjaan.

 

4. Temukan Peluang Kerja Mudah

 

 

Anggota program pra-kerja akan menerima pelatihan dari perusahaan yang mengerjakan program tersebut. Tidak hanya mendapatkan pelatihan, anggota juga memiliki kesempatan untuk membangun lebih banyak hubungan.

 

Dengan cara ini dapat membantu anggota program pra-kerja untuk memiliki lebih banyak kesempatan kerja.

 

Manfaat Mengikuti Program Pra-Kerja

 

 

Proses pendaftaran prakerja sangat sederhana, hal ini dilakukan agar semua orang dapat mengikutinya dan mendapatkan banyak manfaat dari program ini. Mulai tahun 2020, manfaat berikut akan dirasakan oleh anggota yang mengikuti program prakerja:

 

 

Dapat membantu menekan biaya pelatihan karena akan ditanggung oleh pemerintah dan perusahaan mitra.

Tidak perlu mengeluarkan uang untuk mendapatkan informasi penting terkait pelatihan.

Ada konflik yang dapat membantu pekerja menemukan pekerjaan dengan lebih mudah.

Dapatkan keterampilan dan pelatihan gratis dengan informasi paling berguna di dunia kerja.

 

Kapan Memulai Program Ketenagakerjaan Pra-Kerja?

 

 

Hingga November 2021, rencana prakerja telah mencapai 22 gelombang. Dan pada gelombang ke-22 ini dibuka pada tanggal 25 November 2021. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebelum Anda bisa mengetahui cara mengajukan kartu prakerja. . Karena banyak yang gagal membuat pilihan karena penilaian yang buruk.

 

Secara umum, kebutuhan yang diberikan tidak terlalu sulit dan tidak membebani masyarakat Indonesia. Tentunya syarat yang diberikan sederhana karena tidak memerlukan persyaratan khusus.

👉 TRENDING:  Cara Pesan Tiket Ragunan

 

Hal ini dimaksudkan agar siapa saja dapat mendaftar sebagai penerima kartu latihan. Mengingat banyak keuntungan dan keuntungan yang bisa didapatkan jika memenangkan pemilu dan mendapatkan kartu prakerja.

 

Manfaat pertama adalah pelatihan gratis yang diberikan oleh beberapa perusahaan besar dan ternama di Indonesia secara gratis kepada peserta. Selain itu, insentif yang diterima juga sangat menjanjikan mengingat saat ini mereka sedang menghadapi krisis ekonomi akibat wabah tersebut.

 

Dengan borongan terbaru akan selalu buka, update terus informasi program prakerja di akun resmi Instagram prakerja @prakerja.go.id.

1. Promosi Pra Kerja

 

 

Jika Anda berhasil mendaftar dan mendapatkan kartu prakerja, Anda akan mendapatkan insentif sebagai berikut:

 

 

Dapatkan biaya pelatihan Rp. 1 juta.

Biaya untuk mendapatkan pekerjaan adalah Rp. 600 ribu untuk didonasikan setiap bulan selama 4 bulan. Maka totalnya adalah Rp. 2,4 juta.

Temukan motivasi untuk menyelesaikan survei tes Rp. 50 ribu setiap kali kita melakukan penelitian. Itu juga akan diberikan 3 kali dalam survei. Untuk jumlah yang akan diterima Rp. 150 ribu.

 

 

Jumlah manfaat yang diberikan akan tercermin di dasbor pra-kerja. Jadi jangan lupa untuk mengeceknya secara rutin.

2. Pemberian Insentif

 

 

Kompensasi itu sendiri tidak akan diberikan secara langsung tetapi akan diberikan dari waktu ke waktu dengan rencana yang diatur sedemikian rupa. Berikut ini adalah program promosi pra kerja:

 

 

Insentif pertama akan diberikan setelah Anda menyelesaikan pelatihan sertifikasi.

Insentif pencarian kerja akan diberikan setelah berhasil menyelesaikan pelatihan awal. Kemudian dorongan berikut akan diberikan ketika Anda telah menyelesaikan pelatihan kedua, dan seterusnya.

Selain itu, kompensasi berupa dana survei akan diberikan jika penerima kartu prakerka menyerahkan ujian ke Training Center yang berada di Platform Digital.

Hibah hanya dapat dikirim jika Anda menambahkan rekening bank atau e-wallet ke akun di situs resmi prakerja.go.id.

Selain itu, nomor rekening dan e-wallet yang didaftarkan juga harus menggunakan nama dan NIK yang terkait dengan nama tersebut dan NIK yang digunakan untuk mendaftar sebagai penerima kartu sebelum penunjukan.