Cara Investasi di Bitcoin Untuk Pelajar, Gaji UMR, dan Ibu Rumah Tangga

Bagaimana Anda bisa berinvestasi di Bitcoin 2022 untuk pemula? Kami membahas langkah-langkah, keuntungan dan risiko, berapa investasi minimum, bagaimana mengamankan Bitcoin, dan kemudian menjual dan menarik investasi dalam rupiah.

Cara mulai berinvestasi di Bitcoin, pilih bursa kripto resmi yang terdaftar di Bappebti, unduh aplikasi, buat KYC untuk membuka akun, lakukan deposit, pilih pasangan Bitcoin dan Rupiah, investasikan Bitcoin, simpan di dana yang aman, dan investasikan BTC jangka panjang. Untuk menarik investasi Bitcoin, sangat mudah, hanya menjual Bitcoin dengan mata uang Rupiah, dan mentransfer uang ke rekening bank.

Panduan Cara Investasi Bitcoin untuk Pemula, Mahasiswa, Gaji UMR, Ibu Rumah Tangga:
1. Pilih Investasi Di Bappebti Resmi Terdaftar Crypto Exchange

Proses investasi crypto dilakukan pada perubahan atau perubahan aplikasi. Pertukaran ini berfungsi sebagai pasar, tempat yang menghubungkan pembeli dan pedagang bitcoin.

Layanan pertukaran membeli, menjual, menyimpan, dan mentransfer aset kripto. Penjualan aset kripto terjadi di antara anggota perdagangan.

Bursa sendiri tidak melakukan jual beli. Perannya hanya menjadi arbiter dan dengan demikian akan mengumpulkan jumlah tunggakan, seperti pembelian dan penjualan dan penarikan.

Setiap perdagangan akan menentukan jenis aset kripto yang dapat diperdagangkan di pasar mereka. Setiap pertukaran memiliki daftar aset kripto yang terpisah.

Berbeda dengan transaksi saham, di mana investor harus melalui pedagang sebagai broker, dalam perdagangan bitcoin, transaksi terjadi secara langsung antar investor. Tidak ada pedagang yang menautkan ke perdagangan bitcoin.
2. Unduh aplikasi dan buka akun di Exchange

Kita harus masuk dan masuk ke aplikasi atau situs pertukaran untuk berinvestasi dalam Bitcoin dan aset kripto.

Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis dari Google PlayStore. Anda juga dapat masuk ke situs resmi.

Persyaratan pertama adalah mendaftar dan membuka akun trading. Rutenya sangat sederhana.

Persyaratan pembukaan rekening kompilasi Nama, Email, Alamat, dan Anda setuju dengan Persyaratan Perjanjian dan Kebijakan Privasi.

Anda dapat mendaftar melalui aplikasi seluler atau melalui situs web. Aplikasi ini dapat diunduh dari Google PlayStore dan Apple Store.

Semuanya dilakukan secara online. Tidak ada kertas untuk diisi, dan tidak perlu menandatangani basah.
3. Lakukan Otentikasi KYC

Setelah membuka akun, pengguna harus melanjutkan dengan verifikasi KYC. Tanpa meneruskan verifikasi ini, pengguna tidak akan dapat melakukan tugas meskipun telah membuka akun.

Verifikasi KYC adalah proses penting untuk melindungi semua peserta dalam perdagangan dan untuk memastikan bahwa kebijakan AML (Anti Pencucian Uang) diterapkan dengan benar.

👉 TRENDING:  Aplikasi Trading Crypto Terbaik Untuk Pemula

Proses verifikasi KYC meliputi pengunggahan foto identitas diri, pengisian data diri, pengambilan potret diri dengan gerakan normal dan gerakan acak. Data KYC akan diproses yang akan memakan waktu minimal 1 hari kerja.

Tidak jarang otentikasi gagal. Hal-hal lain yang perlu diperhatikan saat memastikan Anda tidak memiliki akun trading, memberikan data pribadi yang akurat dan akurat, dan memberikan gambar seperti KTP Anda.

KTP harus yang pertama dan harus jelas saat upload. Saat memotret, pastikan wajah Anda terlihat bagus tanpa memakai topi atau kacamata hitam.

Jika Anda memotret dan memastikan bahwa wajah berada di tengah sehingga gambar sesuai dengan wajah dan di foto langsung, pengguna akan diminta untuk melakukan gerakan lain. Jika Anda mengambil foto pastikan Anda menahan gerakan selama 3 detik, jika gagal, silakan coba lagi hingga 3 kali, jika berhasil, silakan pilih tombol akhiri, dan tunggu konfirmasi di email.
4. Setor uang, investasi Bitcoin BTC

Setelah KYC selesai, langkah selanjutnya adalah melakukan deposit agar Anda bisa berinvestasi di Bitcoin.

Ada dua jenis transaksi deposit yang bisa dilakukan dalam trading, yaitu Rupiah dan Bitcoin.
(a) Rupiah

Setoran Rupiah dilakukan ke rekening yang ditentukan. Deposito ini digunakan untuk membeli Bitcoin atau aset kripto lainnya.

Minimum deposit berkisar antara Rp 30 ribu hingga Rp 50 ribu secara keseluruhan. Namun ada juga trade yang meminta deposit kecil Rp 500 ribu.

Beberapa opsi deposit yang ditawarkan di bursa adalah:

transfer bank (rekening dan akun virtual)

Yaitu dompet (OVO, GoPay, ShoppePay)

Investasi di kantor

PPOB (Alfamart dll)

Kartu Kredit, Kartu Debit (khusus perdagangan internasional)

Silakan baca masing-masing metode karena ada yang gratis, ada juga yang dikenakan deposit. Ada yang tiba secara otomatis tanpa perlu menyerahkan bukti transfer, ada pula yang harus menyerahkan bukti transfer.

Cara termudah menurut saya adalah dengan menggunakan virtual account (VA) karena uang cepat sampai dan tidak perlu mengirimkan bukti transfer. Namun, setoran dengan VA lebih kecil dari setoran (lihat kebijakan pertukaran untuk lebih jelasnya).
(b) Bitcoin, Aset Kripto

Bisa juga berupa deposit berupa koin, baik itu Bitcoin, maupun mata uang lainnya. Untuk setiap pertukaran ada daftar koin yang diterima sebagai deposit.

Setoran bitcoin atau cryptocurrency dapat digunakan untuk membeli crypto lain. Pilih pasangan mata uang kripto yang sesuai.

Padahal, cara penyetoran aset kripto lebih sederhana, jauh lebih cepat dan lebih murah, dibandingkan dengan rupiah atau US$.

👉 TRENDING:  Aplikasi Triv - Platform Jual Beli Bitcoin Tanggung Pajak Investor Kripto

Bursa akan mengeluarkan ‘alamat’ untuk dana tersebut. Alamat ini digunakan untuk mengirim koin dari pasar lain.

Biayanya juga lebih murah dibandingkan biaya transfer bank.

Dalam koin, perdagangan menetapkan setoran kecil yang diterima secara terpisah, tergantung pada mata uangnya.
5. Mulai Berinvestasi Memilih Saham BTC

Setelah memiliki akun dan berinvestasi, sekarang kita akan membahas cara berinvestasi di Bitcoin

Pengguna harus memilih pasangan atau pasangan yang ingin mereka beli. Pasangan Bitcoin paling populer terhadap Rupiah, berapa harga Bitcoin untuk Rupiah.

Pair ini sama seperti saat anda membeli mata uang asing, USD ke IDR, kecuali Rupiah yaitu 1 US$. Masih banyak pasangan lain.

Jenis pasangan aset kripto yang dapat dijual berbeda untuk setiap perdagangan. Sepengetahuan saya, Indodax dan TokoCrypto saat ini menawarkan jumlah pasangan aset kripto terbesar, mencapai lebih dari 100 pasang aset kripto.

Namun, pemula dapat memulai dengan Bitcoin Rupiah, sebagai aset dan mata uang kripto terpopuler saat ini. Setiap perdagangan menawarkan pasangan Bitcoin ini.
6. Jenis pesanan Bitcoin

Untuk melakukan investasi, pengguna harus melakukan pemesanan di aplikasi atau situs web pertukaran. Ada beberapa jenis pesanan yang harus diperhatikan karena jenis pesanan berkaitan dengan jumlah yang harus dibayar.
(a) Batas (produsen)

Jenis pesanan ini bagi pengguna untuk menempatkannya pada harga tertentu dan bukan pada harga pasar saat ini. Oleh karena itu pesanan tidak segera terjadi.

Dalam kasus penjualan, limit order ditetapkan pada harga yang lebih tinggi dari harga pasar, jika area pembelian ditetapkan pada harga yang lebih rendah dari harga pasar.

Pesanan yang tertunda akan ditempatkan di baris pesanan Beli / Jual (Order Book). Dengan demikian, anggota telah menjadi Market Maker.

Jenis pesanan ini disebut ‘pembuat’ karena menciptakan sistem baru. Berbeda dengan pembawa pesanan, yang mengikuti harga pasar saat ini.

Order ini hanya dilakukan jika harga pasar bergerak mempengaruhi harga yang ditetapkan. Selama harga tidak bergerak ke arah yang benar, transaksi tidak akan terjadi.

Pertukaran tidak mengenakan biaya untuk jenis pembuat pesanan ini. Biaya pembelian dan penjualan adalah nol.
(b) Pasar (Ambil / Cepat)

Jenis order ini bisa langsung dipesan karena mengikuti area harga pasar saat ini. Jadi jika Anda memesan untuk membeli, beli pada harga pasar saat ini, jika Anda memesan untuk menjual, jual pada harga pasar saat ini.

👉 TRENDING:  Tools Trading Bitcoin Untuk Memaksimalkan Cuan

Karena itulah perintah ini sering disebut sebagai taker atau quick order. Disebut Instan karena order terjadi seketika, sedangkan disebut taker karena mengambil harga yang sudah ada di pasar dan tidak membuat harga baru.

Jenis pesanan ini dibebankan pada pertukaran. Pembayaran pesanan biasanya merupakan persentase dari jumlah total pekerjaan, mulai dari 0,1% hingga 0,3%.
(c) Pesan Buku

Buku Pesanan adalah data yang disediakan untuk pertukaran dalam aplikasi, yang mencerminkan urutan pesanan yang saat ini dipertukarkan dalam nilai dan jumlah. Setelah pesanan diterima, itu akan keluar dari buku pesanan.

Keuntungan dari buku pesanan adalah menunjukkan bagaimana harga bergerak di pasar dan kedalaman jumlah pesanan. Jika Anda ingin menetapkan harga, berapa jumlah yang sesuai untuk pesanan yang akan dikeluarkan, Anda dapat merujuk pada informasi di buku pesanan.
7. Investasi Bitcoin Minimum dalam Pertukaran

Lebih sedikit transaksi bitcoin dan crypto lebih terjangkau. Biasanya kursnya kurang dari Rp 100 ribu.

Harga Bitcoin 1 sangat mahal, tapi kenapa minimal transaksi di TokoCrypto terjangkau?

Unit beli dan jual Bitcoin bisa sampai delapan digit setelah koma, yaitu 0,00000001 BTC. Oleh karena itu, pengguna dapat menggunakan angka yang lebih kecil (seperti 0,4981537 BTC).

Itulah mengapa saya pikir perdagangan tertentu dapat menerima transaksi kecil seperti Rp 30.000.

Jumlah ini dapat dibuat meskipun harga 1 bitcoin mencapai ratusan juta karena digit Bitcoin dapat dibeli paling sedikit delapan digit setelah koma.
8. Jam Perdagangan Bursa

Jam perdagangan dalam jam perdagangan koin kripto 24 jam 7 hari seminggu.

Oleh karena itu, investor dapat membeli dan menjual Bitcoin setiap hari. Ketika bursa ditutup, itu tetap terbuka.

Inilah yang membedakan jam perdagangan TokoCrypto dengan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Di BEI, jam perdagangan saham dibatasi oleh waktu dan hari. Hanya 9.00 hingga 16.00 di siang hari.
9. Mulai Investasi Bitcoin

Proses berinvestasi di Bitcoin sangat sederhana. Dimulai dengan memilih buah pir yang ingin Anda beli dan jual.

Lakukan pemesanan dengan memasukkan jumlah dan nilai Bitcoin yang ingin Anda investasikan, maka akan muncul jumlah rupiah yang dibutuhkan. Pilih jenis pesanan, apakah pabrikan atau pabrikan.

Anda juga dapat membayar dengan aset kripto. Pilih saja pasangan yang sesuai.

Jika ya, pesanan akan segera diproses sesuai dengan nilai pasar yang tersedia. Nilai Bitcoin Holdings akan segera diperbarui dan jumlah deposit Rupiah berkurang …