Skill Utama dalam Mengelola Uang

Kemampuan mengelola keuangan sangat penting untuk mencapai tujuan keuangan. Jika kita tidak memiliki manajemen keuangan yang baik, kita cenderung membelanjakan uang apa pun yang kita miliki atau mengalokasikannya dengan buruk. Lalu apa saja keterampilan terpenting yang harus kita miliki dalam mengelola keuangan?

1. Dapatkan uang

Dalam mengelola keuangan, tentunya Anda membutuhkan kemampuan menghasilkan uang terlebih dahulu. Menghasilkan uang bisa melalui pekerjaan, kewirausahaan, lepas atau karir lain yang bisa memberi Anda penghasilan. Rasio pendapatan dan pengeluaran Anda dapat menjadi ukuran kesehatan keuangan Anda, termasuk menentukan proporsi pengeluaran Anda yang sepadan dengan pendapatan Anda.

Anda dapat membuat laporan arus kas pribadi yang sederhana. Caranya adalah dengan rutin mencatat pemasukan dan pengeluaran setiap hari. Anda dapat mengurangi penghasilan Anda dengan pengeluaran rutin. Jika masih ada sisa dana, Anda bisa mengalokasikan uang tersebut untuk kebutuhan lain. Jika pengeluaran Anda melebihi pendapatan Anda, Anda dapat mulai menetapkan prioritas pengeluaran. Putuskan apa yang penting dan apa yang bisa ditunda.

2. Memiliki tujuan

Rencana keuangan membutuhkan tujuan. Tujuan inilah yang memberi Anda sarana dan sarana untuk mencapai tujuan itu. Dengan tujuan keuangan yang berbeda, rencana keuangan juga mungkin berbeda. Juga dengan profil risiko dan portofolio investasi. Nah, Anda juga bisa menetapkan tujuan keuangan untuk jangka waktu yang lebih lama. Misalnya, Anda berpikir untuk menikah. Anda dapat memutuskan waktu yang dibutuhkan untuk melakukan semuanya. Dengan tujuan ini, Anda didorong untuk membedakan dan membuat Anda lebih disiplin dan mawas diri.

3. Investasikan

Menabung itu penting, tetapi tidak ada yang menjadi kaya hanya dengan menabung. Menabung hanya membuat uang Anda ngantuk dan sia-sia, dan nilainya terdepresiasi karena inflasi. Hampir setiap orang yang dapat mengelola uang dan memiliki banyak uang menginvestasikan uangnya sehingga dapat menghasilkan uang kembali.

Perlu dicatat bahwa setiap orang memiliki profil risiko investasi yang berbeda dan oleh karena itu instrumennya juga akan berbeda. Ketahui profil risiko Anda sebelum berinvestasi. Anda dapat melihat bahwa hasil investasi jauh lebih tinggi jika Anda hanya menabung.

Originally posted 2022-08-20 22:19:18.

Leave a Reply

Your email address will not be published.