Tips Instagram Marketing untuk Bisnis Anda

Saat ini, penggunaan media sosial bukan hanya tentang memposting foto atau video. Platform media sosial digunakan untuk menjual produk dari bisnis yang kita miliki. Salah satu platform media sosial yang paling berpengaruh untuk penjualan produk bisnis adalah Instagram.

Instagram adalah salah satu bisnis media sosial yang paling berpengaruh dan penting. Hingga saat ini, Instagram sudah memiliki 700 juta pengguna dan setiap hari hampir 60 juta foto telah dibagikan dan dapat memberikan 1,6 miliar suka.

Instagram adalah aplikasi berbagi foto dan video paling populer. Inilah salah satu alasan mengapa Instagram memiliki begitu banyak manfaat bagi para pebisnis untuk membangun dan meningkatkan jenis bisnisnya.

Mungkin banyak dari Anda yang bertanya-tanya, bagaimana cara memanfaatkan Instagram untuk mendukung bisnis Anda. Ya, dalam artikel ini, kami akan membahas semua tentang bisnis Instagram.

Namun sebelum Anda mulai memasarkan bisnis Anda melalui Instagram, ada baiknya Anda mempelajari cara membuat akun bisnis Instagram.

Baca juga: Menghubungi Pelanggan di Media Sosial (Tips dan Trik Penting untuk Anda)
Pengembangan Identitas Produk pada Akun Instagram Business

Setelah Anda selesai membuat akun Instagram bisnis, pastikan untuk mengikuti tips berikut.
1. Sesuaikan Nama Pengguna dan Bio Anda

Untuk membuat akun Anda mudah diakses, nama pengguna Instagram Anda harus cocok dengan nama pengguna Anda dengan profil lain dari bisnis media sosial Anda.

Selain nama pengguna Anda, informasi dari profil publik Anda di situs web Anda (URL kolom, yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan kampanye atau konten baru di situs web Anda) dan riwayat singkat.

Gunakan bio Anda untuk menjelaskan apa bisnis Anda dan apa yang dapat diharapkan orang dari akun Instagram Anda. Anda juga dapat menyertakan tagar bermerek yang dapat digunakan penggemar Anda.

 

 

Apa yang dinamakan hashtag? Hashtags memiliki nama hashtags yang dapat Anda gunakan untuk kegiatan promosi, peluncuran produk, kontes atau query, dan acara.

Dengan tagar bernama, orang dapat dengan mudah mencari dan mengikuti tagar tersebut untuk mengetahui segalanya tentang bisnis Anda.

Jenis lain yang berhasil menggunakan tagar adalah nama merek South-West. Mulai tahun 2007, semua pengguna Twitter dapat mengetik #SXSW ke dalam kotak pencarian dan dapat dengan cepat melihat apa yang ditulis orang tentang acara tersebut.
2. Gunakan Atribut Profil Instagram

👉 TRENDING:  Cara Jualan Online Untuk Pemula Dijamin Bakalan Laris Manis

Foto profil bisnis Instagram biasanya merupakan logo perusahaan Anda. Seperti nama pengguna, menggunakan gambar profil yang sama di semua profil media sosial Anda akan membantu orang mengidentifikasi produk Anda.

Ingatlah bahwa foto profil Instagram Anda memiliki format bulat, jadi pastikan dulu foto Anda terlihat bagus dengan format itu.

Instagram merekomendasikan lebar 110 piksel dari foto Anda. Namun, untuk amannya, sebaiknya gunakan gambar yang lebih besar karena akan lebih besar saat dibuka di desktop.

Baca juga: Panduan Lengkap Pemasaran Pemasaran Bisnis
3. Ikuti akun Instagram lain di industri yang sama

Untuk memulai, Anda harus terlebih dahulu mengikuti beberapa akun Instagram. Anda dapat mengikuti bisnis lain yang terkait dengan bisnis Anda atau menemukan influencer di industri Anda. Anda juga dapat melacak akun lain yang terkait dengan bisnis Anda.

Demografi Instagram sangat luas, jadi pastikan Anda tahu audiens seperti apa yang ingin Anda targetkan. Anda dapat menggunakan tagar di industri Anda untuk meningkatkan kehadiran Anda di Instagram.

Anda juga dapat meninggalkan komentar di foto akun lain dan mengikuti orang-orang yang berpartisipasi dalam berbagai diskusi akun. Ini adalah salah satu langkah yang dapat membantu Anda untuk meningkatkan pengikut Instagram Anda lebih cepat.

Juga jangan lupa untuk mempromosikan nama pengguna Instagram Anda di situs web Anda dan profil media sosial lainnya untuk promosi.

Baca juga: Cara Menghapus Akun IG Secara Permanen atau Sementara
3. Pertahankan Penerbitan Konten yang konsisten

Untuk memiliki akun Instagram yang sukses, Anda harus dapat mempertahankan keberadaan Instagram Anda.

Untuk melakukan ini, Anda harus bekerja di Instagram. Misalnya, posting foto atau video setiap beberapa kali – setidaknya sekali sehari. Anda juga dapat mengirim atau mereproduksi foto atau video tata bahasa dari akun lain jika terkait dan terkait.

Jangan memposting terlalu sering – misalnya setiap jam – karena hal ini dapat membuat penggemar Anda bosan melihat akun Anda di linimasa mereka.
4. Temukan Tujuan Membuat Akun Instagram

Seperti halnya strategi pemasaran lainnya, menggunakan Instagram dalam bisnis Anda juga membutuhkan strategi. Apa yang ingin Anda peroleh melalui Instagram Business? Sasaran strategi pemasaran Anda dapat digabungkan dengan sasaran bisnis Anda secara keseluruhan, misalnya:

👉 TRENDING:  Tips Meningkatkan Penjualan Bisnis Online dengan TikTok

Meningkatkan penjualan

Tingkatkan lalu lintas ke situs web Anda
Meningkatkan kesadaran produk
Tingkatkan kepuasan pelanggan
Bangun koneksi dengan influencer

Dengan akun bisnis, Anda perlu mengintegrasikan rencana pemasaran untuk membangun komunitas yang kuat dan melihat hasil nyata dari bisnis Anda. Strategi Anda harus mencakup empat poin berikut:
1. Perhatikan Waktu Upload Konten

Salah satu hal yang harus Anda lakukan tentang memposting adalah memiliki waktu posting yang teratur tanpa mengganggu penggemar Anda dengan pembaruan yang berlebihan.

Cara lain Anda dapat memilih jadwal adalah dengan melakukan tes pada waktu yang berbeda dan melihat hasilnya. Pos mana yang memiliki tautan tertinggi (atau interaksi pelanggan – biasanya dalam bentuk suka dan komentar).

Setelah Anda mengetahui waktu terbaik, tambahkan waktu itu ke kalender konten atau kalender pengeditan untuk mengedit postingan Instagram Anda.
2. Tentukan Konten

Memilih konten dengan tema yang berbeda membantu bisnis Anda memastikan bahwa pelanggan Anda tidak akan bosan dengan konten Anda.

Juga, konten yang berbeda dapat membantu Anda mencapai tujuan yang berbeda. Misalnya, akun Instagram sekolah bertujuan untuk meningkatkan kesadaran merek dan menemukan siswa baru dapat memilih kontes, kisah alumni, dan kehidupan kampus sebagai tema konten utama.
3. Buat Pedoman Konten

Brand Instagram harus memiliki gaya tersendiri untuk memisahkan akunnya dari brand lain agar produk Anda menyenangkan.

Coba buat panduan untuk postingan Instagram Anda; apakah Anda ingin menggunakan emoji dalam teks Anda? Ingin menggunakan bahasa resmi atau tidak resmi dalam teks Anda? Apakah Anda ingin menggunakan gambar dalam posting Anda? Panduan gaya ini akan membantu Anda membuat akun Instagram Anda unik, konsisten, dan mudah diingat.
4. Buat Pedoman Interaktif untuk Menanggapi Pesan dan Komentar

Panduan ini dirancang untuk menentukan bagaimana bisnis Anda harus berinteraksi dengan akun Instagram lain, mulai dari menyukai dan mengomentari foto akun lain hingga menanggapi komentar di akun Instagram bisnis Anda.

5. Gunakan Gaya Visual yang Konsisten

Sebuah survei dari WebDam di media sosial menemukan bahwa 60% produk Instagram terpopuler menggunakan filter yang sama di semua postingan.

👉 TRENDING:  Tips Jualan di Shopee

Dengan menerapkan filter yang sama ke semua foto Anda, akun Instagram bisnis Anda akan memiliki gaya yang mudah dilihat penggemar Anda. Karena salah satu tujuan Anda dalam menggunakan Instagram adalah untuk mendapatkan popularitas dan komentar.

Saat foto Anda mudah dilihat, penggemar Anda akan menyukai dan memberikan komentar pada foto Anda.

Untuk membantu Anda membuat visual yang konsisten, Anda dapat menggunakan aplikasi pengeditan seperti VSCOcam dan Enhance. Kedua aplikasi ini menyediakan filter dan opsi pengeditan yang dapat membantu Anda menemukan gaya yang sesuai dengan merek Anda.
6. Tentukan Subjek yang ingin Anda tampilkan

Omong-omong, Anda perlu memutuskan konten apa yang ingin Anda fokuskan di akun Anda. Lagi pula, ketika Anda menjual pakaian, foto yang akan Anda unggah ke akun Instagram bisnis Anda adalah foto pakaian.

Jika Anda memiliki restoran, Anda sudah akan mengunggah foto makanan dari restoran Anda.

Namun, terkadang Anda diizinkan untuk mengunggah gambar yang mungkin tidak terkait dengan bisnis Anda, tetapi mungkin merupakan postingan yang menarik bagi penggemar Anda. Misalnya, foto hewan peliharaan atau foto staf bisnis Anda untuk membuat profil Anda lebih personal.
7. Gunakan Hashtag Nama

Meskipun Instagram adalah platform pratinjau, ada beberapa elemen visual yang perlu Anda tambahkan ke produk Instagram Anda, seperti gaya teks.

Salah satu cara populer hashtag memiliki nama. Ini tidak berarti menggunakan nama perusahaan Anda sebagai hashtag. Anda juga dapat membuat tagar yang melambangkan dan mewakili merek Anda dan mendorong penggemar untuk membagikan gambar yang mirip dengan tagar tersebut.
8. Kenali Identitas Fans

Bisnis Anda tidak akan berhasil di Instagram hanya dengan menyalin strategi dari genre lain. Apa yang berhasil untuk Starbucks atau Red Bull tidak akan berhasil untuk lembaga keuangan atau organisasi nirlaba.

Perhatikan audiens Anda dan pastikan Anda memperhatikan minat dan aspirasi mereka. Lihat apa yang berhasil untuk bisnis Anda di platform media sosial lain, konten apa yang dibagikan audiens Anda di Instagram, dan bagaimana mereka berinteraksi dengan pesaing Anda atau merek serupa.