Aplikasi Cek Bansos Kemensos Online

Pendaftaran sebagai penerima bansos dapat dilakukan di aplikasi Penilaian Bantuan Sosial yang dibuat oleh Departemen Sosial (Kemensos). Berikut alur cara mendaftar sebagai penerima bansos di aplikasi Cek Bansos:

1. Unduh aplikasi Cek Bansos

Unduh “Aplikasi Cek Bansos” di Play Store. Gunakan kata kunci “Aplikasi Cek Bansos” dan pastikan pembuatnya adalah Kementerian Sosial, karena banyak aplikasi serupa. Untuk link download resmi, klik disini.

2. Lakukan registrasi

Silakan melakukan registrasi terlebih dahulu, karena menu hanya dapat diakses dengan user ID yang telah diverifikasi dan diaktivasi oleh admin Kementerian Sosial.

Siapkan nomor KK, NIK dan KTP saat melakukan registrasi. Aplikasi akan meminta foto KTP anda dan foto selfie dengan KTP anda.

Setelah registrasi, isikan kode OTP yang dikirimkan ke email anda. Anda kemudian akan diminta untuk menunggu petugas melakukan verifikasi data.

Setelah verifikasi, anda dapat mengakses menu di aplikasi Cek Bansos. Jika anda sudah terdaftar, silakan lakukan langkah-langkah berikut ini.

3. Pilih menu Daftar Usulan

Pilih menu “Daftar Usulan” dan tambahkan usulan. Menu tersebut akan berisi daftar saran yang ditambahkan oleh pemilik akun. Isi datanya.

Kemudian klik “Pilih jenis bansos” dan lampirkan foto (selfie dengan KTP dan foto rumah).

Pemilik akun dapat langsung mendaftarkan diri sendiri, keluarganya, orang lain atau orang miskin lainnya pada tombol “tambah usulan”.

Jika anda mengusulkan keluarga anda sendiri, anda harus berada dalam satu KK yang sama.

Perlu diperhatikan bahwa semua data pada kolom atau kolom yang ditampilkan harus berdasarkan data kependudukan, karena akan langsung dicocokkan dengan data Dukcapil seperti halnya menu registrasi.

Menu “pilih jenis bansos” hanya akan muncul jika NIK yang dimasukkan ada di dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Data yang berhasil diusulkan akan memuat nama, NIK dan status kesesuaian Dukcapil, kesesuaian wilayah dan pengusul Kartu Keluarga (KK).

Leave a Reply

Your email address will not be published.