Cara Merawat Laptop dengan Benar Agar Tahan Lama dan Awet

Saat ini, sepertinya laptop bukan barang yang lebih mahal, sekarang banyak tersedia di pasaran dari low end hingga high end. Banyak orang yang sudah memilikinya, baik itu digunakan hanya untuk gaya hidup, bisnis atau untuk menunjang kebutuhan sekolah bagi siswa dan siswa.

Namun, kebanyakan orang tidak mengerti cara menangani laptop dengan benar. Atau bahkan jarang mereka memperhatikan kondisi laptop mereka. Padahal, daya tahan laptop jauh berbeda dengan komputer yang cenderung kuat dan tahan lama.

Tips Merawat Laptop

Untuk merawat laptop Anda, Anda tidak perlu khawatir dan tidak perlu membawa laptop Anda untuk diperbaiki secara berkala. Tapi Anda bisa merawat sendiri laptop kesayangan Anda tanpa membayar tukang renovasi. Lalu bagaimana cara merawat laptop? Tenang sobat.. Selanjutnya penulis akan membagikan tips dan cara merawat laptop agar awet dan tahan lama.

1. Gunakan stabilizer listrik

Bagi anda yang bekerja dengan laptop namun dengan melepas baterai sebaiknya menambahkan stabilizer. Stabilizer digunakan untuk menjaga kestabilan arus. Sehingga kenyamanan Anda dalam bekerja dengan laptop tetap terjaga.

👉 TRENDING:  Cara Memindahkan File Dari iPhone ke Laptop Windows

2. Gunakan tas yang tepat

Bagi mahasiswa yang sering membawa laptop di dalam tas, utamakan tas yang digunakan dengan benar. Sebaiknya gunakan tas khusus yang didesain untuk laptop. Untuk menjaga laptop Anda terlindungi.

3. Hindari makan dan minum di dekat laptop

Bagi yang suka ngemil, perhatikan ini, hindari makan dan minum di dekat laptop, karena cairan dan makanan tidak sengaja tumpah dan keyboard rusak dan komponen masuk.

4. Jangan letakkan laptop di lantai

Banyak debu beterbangan yang mungkin masuk ke laptop Anda. Dan jauhkan dari jangkauan anak kecil dan hewan peliharaan. Risiko menginjaknya akan sangat besar.

5. Bersihkan laptop Anda secara teratur

Hal ini paling sering dilakukan oleh pemilik laptop, membiarkan laptop dalam keadaan kotor berarti memperpendek umur laptop. Cobalah untuk secara teratur membersihkan layar dan keyboard laptop Anda.

6. Jangan menyalakan laptop terlalu lama

Menjalankan laptop Anda terlalu lama tanpa henti jelas bukan hal yang baik. Hal ini dapat menyebabkan laptop Anda kepanasan dan menyebabkan daya tahan laptop menurun. Sebaiknya gunakan cool pads untuk menjaga kestabilan suhu laptop.

7. Jangan paksa laptop untuk menjalankan aplikasi atau game berat

Jangan menjalankan aplikasi atau game berat di laptop kecuali laptop Anda memiliki spesifikasi yang memenuhi spesifikasi yang ditetapkan oleh aplikasi dan game tersebut. Karena aplikasi dan game berat dirancang untuk komputer. Jika kita paksa menggunakannya, prosesor bekerja, RAM VGA akan sangat berat dan akan menyebabkan laptop cepat panas.

8. Jangan menggunakan laptop di tempat tidur.

Sangat nyaman menggunakan laptop di tempat tidur. Namun perlu diperhatikan bahwa menggunakan laptop di atas kasur menyebabkan panas dari laptop tidak keluar dengan sempurna sehingga laptop kepanasan.

👉 TRENDING:  Cara Memindahkan File Dari iPhone ke Laptop Windows

9. Jangan meletakkan barang berat di atas laptop

Kebiasaan ini dianggap biasa oleh kita. Meskipun sangat mematikan dan menyebabkan kerusakan pada layar dan komponen lainnya.

10. Kosongkan drive optik laptop

Perlu kita ketahui bahwa tempat sarang debu lainnya adalah optical drive/DVD ROM. Jangan lupa untuk membersihkan debu yang menempel secara rutin.

11. Jangan menggunakan koneksi internet saat hujan deras.

Secara umum, setiap koneksi internet berdampak pada cuaca. Jika jaringan komputer rusak karena telegram, ini juga akan memengaruhi laptop Anda

12. Matikan laptop sesuai petunjuk

Jangan matikan laptop dengan menekan tombol power, coba matikan sesuai petunjuk.

13. Jangan menggunakan laptop sampai baterai kosong 0%

Ini akan mempersingkat masa pakai baterai laptop. Jadi jika laptop Anda hampir habis, coba isi ulang dengan cepat lagi.

14. Sesuaikan tingkat kecerahan layar monitor

Gunakan kejelasan yang Anda rasa nyaman untuk ditonton. Jika kita menggunakan kecerahan yang berlebihan, maka akan menyebabkan baterai laptop cepat mati.

15. Gunakan karpet permukaan datar

Hal ini sangat penting, saat laptop menyala otomatis perangkat di dalamnya akan menyala. Terutama jika laptop dimiringkan, ada kekhawatiran bahwa perangkat yang berputar dapat menggores komponen yang berdekatan. Ini sangat berbahaya untuk laptop Anda.

Sekian informasi pada bagian terkait cara menangani laptop, semoga artikel ini bermanfaat