Tips Merebus Ketupat Agar Cepat Matang

Tips Merebus Ketupat Agar Cepat Matang – Ketupat merupakan salah satu masakan wajib di Indonesia yang sering kita jumpai saat lebaran tiba. Namun ternyata tidak semudah membuat ketupat dengan tekstur yang pas, ternyata sangat sulit. Kita harus benar-benar memperhatikan jenis dan isian nasi saat ditambahkan ketupat.

Jangan katakan jika ketupat direbus terlalu lama, akan menghabiskan banyak gas. Tapi jangan khawatir, kami punya beberapa tips yang akan memudahkan kamu dalam membuat ketupat dan pastikan kamu hemat bensin! Yaitu dengan menggunakan metode 5-30-7.

Ingin tahu seperti apa proses 5-30-7? Bagaimana cara melakukannya? Yuk simak artikel selanjutnya!

Tips Merebus Ketupat Agar Cepat Matang Dengan Metode 5-30-7

Bahan:

  • ketupat
  • nasi secukupnya
  • Air secukupnya

Cara memasak:

  1. Rendam ketupat dalam air selama kurang lebih 1 jam.
  2. Cuci beras sampai bersih lalu tiriskan airnya.
  3. Isi ketupat dengan nasi sampai 1/2 penuh.
  4. Masukkan ketupat ke dalam panci sampai terendam air.
  5. Setelah itu lakukan proses 5-30-7 dengan cara merebus ketupat sampai mendidih, lalu tunggu 5 menit. Jika didiamkan selama 30 menit di atas kompor maka dalam keadaan api padam dan panci tertutup rapat. Dan terakhir, rebus kembali selama 7 menit.
  6. Ketupat siap dihidangkan.

Itulah tadi tips merebus ketupat agar lebih cepat matang dan hemat gas. Untuk memasak secara merata Anda dapat menggunakan Niko Pan Set Anda bisa memilikinya dengan harga spesial di bulan ini.

👉 TRENDING:  Tips Menyapih Anak Agar Tidak Rewel