Tips Aman Berenang Saat Haid

Ada banyak tabu dan mitos tentang pengunjung bulanan wanita. Salah satu hal yang paling kita rasakan adalah bahwa kita tidak boleh berenang saat menstruasi. Lantas apakah wanita benar-benar bisa berenang saat sedang menstruasi? Jika iya, apa saja yang harus disiapkan? Berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui jika ingin berenang saat sedang menstruasi.

Bolehkah Berenang Saat Menstruasi?

Menstruasi bukanlah alasan untuk tidak melakukan aktivitas yang melibatkan renang. Secara medis, sebenarnya tidak ada larangan berenang saat sedang menstruasi. Namun, Anda harus menghindari berenang saat waktu Anda habis.

Anda tidak perlu khawatir berdarah saat berenang. Aliran darah menstruasi tidak akan melambat atau berhenti sama sekali saat Anda berenang, tetapi tekanan air di kolam renang akan mencegah darah bocor saat Anda berada di dalam air.

Hanya ketika Anda keluar dari kolam, darah menstruasi dapat kembali. Namun, rasa malu ini dapat dengan mudah dicegah dengan persiapan yang baik.

Bagaimana dengan berenang di laut? Prinsipnya sama. Jangan takut dimakan hiu jika sedang berenang di laut lepas.

Hiu tidak tertarik dengan darah haid karena tidak mencium bau darah haid yang disebut “darah lama”, bukan darah baru.

Cari Tahu Tentang Kesehatan Wanita

Ikuti buletin kami untuk kiat terbaik tentang ruang wanita dan kesehatan wanita lain.

Cara berenang yang aman saat haid

Untuk mencegah keluarnya darah menstruasi saat Anda mencapai pantai setelah berenang, sebaiknya gunakan tampon atau cangkir menstruasi untuk menyeimbangkan alirannya.

Saat berenang, gunakan tampon baru. Tampon yang sudah berisi darah menstruasi akan lebih mudah bocor. Selain itu, banyak bakteri yang tumbuh pada tampon dapat masuk ke aliran darah dan menyebabkan keracunan.

Tampon bernoda darah dapat menyebarkan kuman ke air danau. Ini bisa berbahaya bagi beberapa pengunjung kolam renang. Setelah berenang, segera ganti tampon bekas. Ini juga berlaku jika Anda terpaksa berenang dengan pembalut.

Yang Harus Diperhatikan Sebelum Berenang Saat Menstruasi

Meski baik untuk berenang saat sedang haid, Anda tetap harus memperhatikan kebersihannya. Kolam renang digunakan oleh banyak orang.

Saat berada di dalam vagina, pada dasarnya vagina lebih rentan terhadap infeksi. Belum lagi aliran darah alkalin hingga menstruasi dan perubahan pH vagina wanita, serta pengaruh pH air pada kolam renang. Hal ini memudahkan kuman dari air danau menumpuk di vagina.

Masalah lain adalah penggunaan tampon dan cangkir menstruasi yang tidak biasa di Indonesia, sehingga Anda bisa memaksa berenang dengan pembalut. Dari segi kebersihan, hal ini sangat tidak disarankan karena pembalut akan menyerap air dari kolam sehingga menyebabkan pembalut mengembang dan menjadi lembab.

Ini juga bisa menjadi sumber infeksi. Karena itu, jika ingin berenang, sebaiknya hanya pergi di hari-hari terakhir saat aliran darah sangat rendah.

Selain berenang, Anda juga bisa memilih olahraga lain yang lebih aman saat menstruasi seperti jalan kaki gratis.

Originally posted 2022-05-09 20:40:19.