cara daftar dtks online
Sumber Gambar: tempo.co

Cara Daftar DTKS Online 2022 Lewat HP

Cara Test dan Daftar DTKS Online Alternatifnya, bagi Anda yang merasa memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan sosial dari Departemen Pembangunan Sosial, Anda dapat mendaftarkan diri Anda terlebih dahulu sebagai KPM di DTKS. Setelah mendaftar, Anda dapat memeriksa hasilnya secara online. Cara melihat DTKS online dengan handphone di CekBansos Go Id Kemensos sangat mudah, baik di handphone maupun PC.

Pemerintah tidak membatasi bantuan sosial kepada mereka yang terkena dampak dan membutuhkan. Hingga tahun 2022, Departemen PU akan terus menyalurkan bantuan sosial ke target-target yang sesuai dengan DTKS. Jadi, jika Anda ingin mendaftar, lakukan segera.
Apa itu DTKS?

Sebelum Anda mendaftar sebagai DTKS KMP (Keluarga Penerima Manfaat), tahukah Anda apa itu DTKS? Ya, penting bagi Anda untuk mengetahui apa itu DTKS, sehingga Anda dapat memahami bagaimana Departemen Pembangunan Sosial memutuskan siapa yang berhak menerima bantuan sosial, baik melalui PKH, BST, dan bentuk bantuan sosial lainnya.

 

 

DTKS digunakan sebagai dasar Departemen Publik untuk mendistribusikan layanan sosial yang ditargetkan. Data pada DTKS tidak diperoleh secara acak, karena proses deteksi yang berurutan. Jadi, apa yang dimaksud dengan DTKS?
1. Memahami DTKS

 

 

 

Dengan demikian, DTKS mewakili Data Terpadu Kesejahteraan Sosial di bawah Departemen Sosial. DTKS mencakup beberapa aspek, seperti kebutuhan Pelayanan Sosial (PPKS), Penerima Bantuan dan Pemberdayaan Sosial dan Potensi Pelayanan Sosial (PSKS).

DTKS berisi sekitar 40% orang Indonesia yang dikatakan berstatus sosial rendah. Ini berisi orang-orang Indonesia yang miskin atau condong ke arah kemiskinan dan yang membutuhkan bantuan publik dari pemerintah Indonesia.

 

 

Apalagi sejak mewabahnya Covid-19, yang terus membuat miskin dan membuat hidup mereka sengsara. Penting agar DTKS secara akurat dan tepat menyasar masyarakat yang benar-benar miskin/rentan miskin agar bantuan sosial dapat tersalurkan kepada penerima manfaat yang tepat.
2. Kerangka Hukum DTKS

 

 

 

 

 

 

 

DTKS Kemensos tidak muncul tiba-tiba, karena ada dasar hukumnya. Berikut ini adalah beberapa aturan yang menjadi dasar DTKS:

UU No 13 Tahun 2011.

Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pembagian Urusan Pemerintahan di Bidang Sosial.

Peraturan Menteri Negara Nomor 28 Tahun 2017 tentang Pedoman Umum Verifikasi dan Verifikasi Informasi Terintegrasi Bagi Pengelolaan Masyarakat Miskin dan Miskin.

Peraturan Menteri Sosial Nomor 5 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Data Kesejahteraan Sosial Terpadu.

👉 TRENDING:  Cara Daftar Kartu Prakerja

Peraturan Menteri Pembangunan Sosial Nomor 11 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pembangunan Sosial Nomor 5 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Data Sosial Terintegrasi.

3. Bagaimana cara menginstal DTKS

 

 

 

 

 

 

 

Dapat disimpulkan bahwa Anda harus menginstal DTKS terlebih dahulu jika ingin mendapatkan bantuan sosial dari Kementerian Sosial. Anda bisa melamar langsung ke Kantor Kecamatan/Kelurahan dengan menyerahkan dokumen seperti KK dan KTP.

Selain cara-cara di atas, Anda dapat mendaftar atau menginstal DTKS secara online, yaitu dengan Aplikasi Tes Pendampingan Masyarakat. Seperti pada cara sebelumnya, Anda harus mengedit dokumen seperti KK dan KTP Anda, dan Anda harus mengunggah foto yang Anda ambil menggunakan KTP Anda.
4. Apakah Saya Segera Mendapatkan Bantuan Sosial Setelah Masuk DTKS?

 

Sayangnya, Anda tidak akan langsung menerima bantuan publik dari Kementerian Sosial meskipun Anda telah diterima sebagai KPM oleh DTKS. Pasalnya, setiap sistem bansos yang ada memiliki persyaratan dan pilihan tersendiri untuk menyeleksi calon penerima.

 

 

Itu semua berdasarkan rencana perencana program, dalam hal ini Dinas Sosial, dan anggaran yang telah ditentukan. Karena itu, jangan berkecil hati jika Anda tidak segera mendapatkan perawatan medis, ini mungkin kesempatan Anda berikutnya.

Oleh karena itu, Anda harus memeriksa DTKS online secara teratur. Tambahan, Cara melihat DTKS online melalui CekBansos Kemensos Go ID sangat mudah. Cukup kunjungi situs web dan lakukan pencarian berdasarkan data pribadi Anda. Selain website, Anda juga dapat melihat Aplikasi Tes Bantuan Sosial.
5. Perbarui DTKS

 

DTKS juga perlu diperbarui secara berkala, karena komunitas terus berubah. Beberapa telah dibebaskan dari kemiskinan, dan yang lain jatuh ke dalam kemiskinan. Jika DTKS tidak dimutakhirkan, maka bansos yang disalurkan tidak tepat dan terarah.

Dalam hal ini Pemerintah Daerah/Kota bertanggung jawab menghidupkan kembali DTKS, khususnya Dinas Sosial Kabupaten/Kota. Setelah DTKS dimutakhirkan secara berkala, maka bantuan publik yang diterima KPM akan tepat sasaran.
6. Transformasi Data

 

 

 

Terkadang, KPM (Keluarga Penerima Manfaat) yang terdaftar di DTKS berpindah lokasi karena beberapa alasan. Tentunya perubahan tersebut perlu diperhatikan agar tidak terjadi kesimpangsiuran, apalagi saat proses pembayaran sudah tiba.

Apa yang harus KPM lakukan? KPM yang bersangkutan harus melaporkan perubahan data paling lambat ke Kantor Desa/Kelurahan. Nantinya, pemberitahuan itu akan diteruskan ke Camat dan Bupati.

👉 TRENDING:  Cara Top Up M-Tix

Sebelumnya, Dinas Sosial akan melakukan verifikasi dan validasi ulang data, seperti saat mendaftar pertama kali. Jika semua rincian sudah benar, maka akan diteruskan ke Bupati atau Walikota Kabupaten.
7. Manfaat Mendaftar di DTKS

 

 

 

Ya Anda sudah mengerti manfaat mendaftar sebagai KPM di DTKS. Ya, Anda berkesempatan mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah melalui Departemen Humas. Tanpa login dan registrasi pada data yang dikompilasi, Anda tidak akan menerima bantuan publik dari Kementerian Sosial.

Semua ini berdasarkan Peraturan No. 13 Tahun 2011 tentang Penanggulangan Miskin, bahwa program pemberdayaan harus berbasis data terpadu yang dikelola oleh Departemen Pembangunan Sosial. Data yang dihimpun adalah DTKS yang aktif sampai saat ini.

Jadi, jika dirasa perlu, jangan lupa untuk aktif datang ke Kantor Kecamatan atau Kelurahan untuk diikutsertakan dalam DTKS. Jika Anda memenuhi persyaratan dan sesuai dengan metode editor, nama Anda akan dimasukkan sebagai KMP melalui DTKS.
8. Langkah-langkah Departemen Urusan Publik tentang Verifikasi dan Verifikasi Data

Departemen Sosial terus berupaya agar daerah berperan aktif dalam memastikan dan memvalidasi data miskin. Tujuannya agar bansos yang disalurkan dapat dikelola dengan baik dan tidak disalahgunakan.

Upaya Departemen Pembangunan Sosial untuk mewujudkan hal tersebut adalah sebagai berikut:

Distribusi kebijakan dan peraturan DTKS kepada pemerintah provinsi dan daerah.

Rapat Koordinasi Nasional Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Daerah.

Menerapkan bimbingan teknis (bimbingan dan keahlian) kepada pengelola pengguna untuk validasi dan validasi, baik di Balai Besar Kesejahteraan Sosial maupun kabupaten.

Melengkapi undangan pemerintah daerah untuk memberikan bimbingan teknis kepada pegawai di bidang ini.

Komunikasi antar sektor dengan dinas dan instansi terkait pemutakhiran data DTKS.

Persyaratan Pendaftaran KPM DTKS Kemensos

 

Seperti disebutkan di atas, ada persyaratan tertentu yang harus Anda penuhi jika ingin mendaftar sebagai KPM DTKS Departemen Hubungan Masyarakat. Ini akan menentukan apakah Anda memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan sosial dari Departemen Pembangunan Sosial atau tidak.

Apa saja syaratnya? Setidaknya ada 3 syarat jika ingin mendaftar sebagai KPM DTKS Departemen Humas, yaitu:

Penerima bantuan sosial adalah orang miskin atau berisiko miskin.

Penerima bantuan sosial tidak termasuk pegawai negeri sipil, polisi dan militer.

Khusus untuk Program Bansos PKH, penerimanya harus orang yang terdampak Covid-19, termasuk yang terkena PHK.

Oleh karena itu, tidak sembarang orang bisa menjadi KPM di DTKS Departemen Humas. Siapapun boleh melamar sebagai calon penerima, namun masih ada cara yang berbeda untuk bisa login dan diterima sebagai KPM DTKS Departemen Humas.

👉 TRENDING:  Cara Pesan Tiket Bioskop Online

Jika Anda merasa benar-benar memenuhi syarat, dan memenuhi 3 syarat di atas, jangan ragu untuk datang ke Kantor Kecamatan/Kelurahan untuk mengaku dosa Anda. Jika Anda benar-benar memenuhi syarat, pihak berwenang tidak akan mengabaikan Anda, bagaimanapun, mereka akan memasukkan Anda sebagai KPM di Departemen Urusan Umum DTKS.
Cara daftar ke DTKS KPM Kemensos

 

Sebelum mengobrol Bagaimana Cara Melihat DTKS Online Tentang HP di CekBansos Kemensos Go Id, yang penting daftar dulu. Ya, Anda harus terdaftar untuk memeriksa apakah nama Anda telah dimasukkan sebagai penerima manfaat Departemen Kesejahteraan Sosial.

Tidak perlu khawatir, cara mendaftar KPM DTKS Deplu sangat mudah, bisa dilakukan secara langsung atau menggunakan cara online. Jika Anda tidak tahu banyak tentang Internet dan teknologinya, Anda bisa langsung datang ke kantor Desa/Kelurahan tergantung di mana Anda tinggal.

Namun, jika Anda sudah familiar dengan teknologi online dan ingin menggunakan cara yang mudah, Anda bisa mendaftar secara online. Jika Anda ingin menggunakan metode online, Anda dapat menggunakan situs web cek Departemen Pembangunan Sosial atau Aplikasi untuk Tinjauan Jaminan Sosial.

Agar lebih jelas, Anda bisa membaca tutorialnya di bawah ini:
1. Cara daftar langsung ke KPM DTKS Kemensos

Cara pertama bisa dilakukan secara langsung, yaitu dengan datang langsung membawa dokumen teknis ke Kantor Kelurahan/Lokal. Berikut pendaftaran offline DTKS KPM Kemensos:

Masyarakat miskin atau berisiko miskin datang ke Kantor Kecamatan/Kelurahan sesuai lokasinya dengan membawa KK dan KTP.

Hasil pencatatan aktif penduduk miskin selanjutnya akan diserahkan ke Musdes atau Musyawarah Desa. Pertemuan tersebut untuk membahas apakah masyarakat yang terkena dampak memenuhi syarat untuk bergabung dengan DTKS atau tidak (berdasarkan daftar Amandemen Pertama dan proposal baru).

Musyawarah Desa akan menerbitkan Berita Acara, mengenai apakah Musyawarah Pertama harus dilacak atau tidak. Berita acara ditandatangani oleh Bupati atau Lurah. Selain itu, Risalah akan menjadi Daftar Amandemen Pertama.

Selain itu, Final Prelist akan digunakan oleh Dinas Sosial sebagai dasar verifikasi dan validasi data. Prosesnya menggunakan alat DTKS yang lengkap, yaitu untuk mengunjungi keluarga.

Setelah data diverifikasi dan diverifikasi, maka akan diinstal pada aplikasi SIKS Offline. Penanggung jawab ini adalah Operator Desa/Kecamatan. Selain itu, data termasuk …