Cara Mengaktifkan BPJS Kesehatan Bagi Status Kepesertaan Tidak Aktif

Cara Mengaktifkan BPJS Kesehatan – Seiring berjalannya waktu, kini BPJS Kesehatan jadi salah satu persyaratan dokumen dalam mengurus keperluan publik. Seperti halnya dengan urusan pembuatan SIM, STNK dan juga jual beli tanah. Oleh sebab itu bagi para peserta yang BPJSnya masih non aktif maka secepatnya perlu mengaktifkannya kembali agar bisa digunakan untuk pengurusan dokumen publik. Nah di bawah ini cara mengaktifkan BPJS Kesehatan selengkapnya.

Menghubungi Care Center 

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan pertama adalah dengan menghubungi pihak BPJS Kesehatan Care Center. Anda bisa melakukannya di nomor 165, selain itu juga bisa langsung chat dk Assistant JKN. Jika beberapa cara yang ada dirasa kurang mudah maka Anda bisa langsung saja datang ke kantor BPJS Kesehatan yang dekat dengan daerah Anda. Tujuannya adalah mengetahui status dari kepesertaan saat ini.

👉 TRENDING:  Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan

Laporkan ke Dinas Sosial 

Berikutnya Anda bisa melaporkan ke Dinas Kesehatan terdekat atau setempat. Jangan lupa juga untuk membawa kartu JKN-KIS maupun BPJS Kesehatan. Selain itu juga ada beberapa dokumen lain yang perlu dibawa yakni Kartu Keluarga (KK), dan E-KTP.

Penerbitan Surat Keterangan

Berdasarkan dokumen kependudukan yang ada, Dinas Sosial nantinya akan menerbitkan surat keterangan. Surat keterangan tersebut ditujukan kepada Kepala Cabang BPJS Kesehatan yang ada di setempat sebagai permohonan untuk re-aktivasi status dari kepesertaan BPJS Kesehatan, dan membutuhkan layanan kesehatan.

Reaktivasi dan Kembali ke Faskes

Apabila kepesertaan Anda sudah dilakukan re-aktivasi maka cara mengaktifkan BPJS Kesehatan selanjutnya adalah Anda bisa kembali ke faskes pertama maupun rumah sakit. Kemudian melaporkan jika kartu yang dimiliki saat ini sudah diaktifkan lewat  sistem.

👉 TRENDING:  Cara Pindah Faskes BPJS Kesehatan Secara Online

Kembali ke Dinas Sosial

Dalam kasus untuk keanggotaan yang sudah dinonaktifkan, maka selanjutnya Anda perlu membawa dokumen untuk kependudukan ke Dinas Sosial setempat agar bisa dilakukan pendaftaran. Hal ini akan menjadikan kepesertaan Anda terdaftar di dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial.

Bagaimana cukup mudah dan sangat praktis bukan cara mengaktifkan BPJS Kesehatan? Apabila suatu saat kepesertaan BPJS Kesehatan Anda berstatus tidak aktif maka bisa gunakan cara yang ada di atas.  Persiapkan berkas dan syarat yang dibutuhkan sehingga pengaktifnya lebih mudah dan cepat.

 

Originally posted 2022-05-12 21:33:53.