Tips Meningkatkan Penjualan Bisnis Online dengan TikTok

Kayaknya orang nggak heran kalau bisnis dipromosikan lewat Facebook dan Instagram, ya. Hasil terbukti.

Tapi, bagaimana dengan menggunakan TikTok, ya?

Strategi pemasaran TikTok baru. Tapi, siapa sangka kekuatannya cukup besar. Bayangkan saja, pengguna di seluruh dunia mencapai sekitar 500 juta orang. Padahal, Indonesia juga merupakan negara dengan jumlah penggemar TikTok yang banyak, lho.

Artinya, jika Anda ingin produk Anda dikenal luas, khususnya di Indonesia, mencoba mempromosikannya dengan TikTok bisa menjadi pilihan yang menarik.

Eits.. tapi marketing di TikTok beda di Instagram atau Facebook. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui strategi terlebih dahulu.

Bagaimana? Jangan khawatir, dalam artikel ini, Anda akan mempelajari strategi pemasaran TikTok untuk membuat bisnis Anda lebih menguntungkan. Yuk simak penjelasannya!
9 Strategi Pemasaran TikTok untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Anda

Berikut adalah strategi pemasaran untuk TikTok yang perlu Anda kerjakan untuk membuat bisnis Anda lebih baik.
1. Ketahui cara kerja TikTok

 

TikTok adalah platform media sosial yang berfokus padanya membagikan konten video. Setiap video berdurasi 15 detik dan dapat dikompilasi menjadi 60 detik.

Forum ini bisa menjadi cara yang bagus untuk mempromosikan produk bisnis.

Caranya adalah dengan membuat video produk, kemudian menambahkan efek video dan musik latar yang dapat menarik penonton.

Nantinya, pengguna TikTok dapat mengomentari, menyukai, dan membagikan video produk. Semakin banyak interaksi dari pengguna, semakin besar peluang Anda untuk mempromosikan TikTok kepada pengguna lain.

Apalagi dengan tingkat engagement yang lebih tinggi dari Instagram, TikTok sangat cocok untuk membangun brand awareness tentang produk secara lebih efisien.
2. Dapatkan Ide Konten Video TikTok yang Hebat

Apakah Anda tahu cara kerja TikTok? Sekarang, yang harus Anda lakukan adalah melihat ide konten video yang menarik untuk strategi pemasaran TikTok Anda.

Padahal, tidak jauh berbeda ketika Anda membuat konten blog.

Anda dapat mencoba alat serupa Ahrefs atau saran uber waspadai kata kunci yang sedang tren yang sesuai dengan kebutuhan audiens produk Anda untuk bisnis Anda. Kemudian, lakukan saja kontennya.

👉 TRENDING:  Cloud Hosting Indonesia Terbaik Untuk Membuat Toko Online

Atau, tanyakan kepada audiens tentang postingan di media sosial atau lakukan survei tentang beberapa topik pilihan yang menarik bagi mereka.

Namun, pada dasarnya, ide bisnis TikTok untuk bisnis akan lebih dekat dengan presentasi produk, tutorial, dan tantangan hashtag.
3. Gunakan hashtag untuk membuat video

Apakah Anda ingin strategi pemasaran TikTok Anda berhasil? Jangan pernah lupa untuk menggunakan hashtag di setiap video yang Anda buat.

TikTok sendiri mengatakan hashtag yang merupakan bagian dari informasi video menjadi acuan untuk memberikan rekomendasi video kepada pengguna lain.

Tapi, Anda bisa menyebarkan hashtag, kan? Gunakan yang paling relevan dengan konten dan bisnis Anda.

Misalnya, dengan konten tutorial makeup, Anda dapat menambahkan tagar #pelajaran kostum atau #makeupchallenge.

Padahal, untuk membuatnya menonjol, gunakan saja brandy promo yang Anda buat. Misalnya, Zalora membuat tagar #ZStyleNow untuk mempromosikan acara Festival Busana Zalora.

 

Dengan hashtag tersebut, kebanyakan orang akan mengetahui promo Anda, dan lebih mengenal produk bisnis Anda, bukan?
4. Bekerja dengan Pengaruh

 

Terlebih lagi, rayuan promotor dengan membunuh penggemarnya menggunakan produk tersebut cukup berhasil. Tidak mengherankan, 86 persen pengiklan mempercayai promotor untuk meningkatkan penjualan dan kesadaran merek.

Mencari bukti? Lihat mereknya Daniel Wellington telah berhasil meningkatkan penjualan sebesar 4.700 persen hanya dalam waktu tiga tahun. Nah, bukan? Itu semua karena pengaruh, lho.

Menariknya, mereka menggunakan semua jenis promotor, mulai dari mikro-influencer hingga promotor kecantikan ternama. Charlotte Letitia Crosby.

Kunci dari strategi ini adalah memilih promotor seperti audiens target Anda dan istilah promosi.
5. Lanjutkan Memposting Konten

Secara aktif menyampaikan landasan keberhasilan untuk meningkatkan kesadaran produk. Betulkah?

Saat Anda mengunggah video, penggemar Anda akan melihatnya. Kemudian, jika mereka menyukainya, itu akan ditampilkan lagi di halaman penggemar pengguna. Untuk lebih populer, video Anda dapat ditampilkan di halaman untuk halaman Anda.

Bayangkan jika itu terjadi setiap hari. Tujuan membangun kesadaran akan produk yang solid mudah dicapai, bukan?
6.Balas komentar pengguna

Menjawab komentar dan menjawab pertanyaan audiens di postingan tidak begitu penting lho. Selain itu, inilah yang dapat meningkatkan interaksi akun Anda.

👉 TRENDING:  Cara Jualan Online Untuk Pemula Dijamin Bakalan Laris Manis

Hentikan… berarti setiap komentar harus dijawab?

Tidak semuanya. Pilih salah satu yang menawarkan informasi terbaik tentang produk Anda. Selain itu, jangan ragu untuk mengomentari posting pengguna lain karena dapat meningkatkan kesadaran akan produk Anda.

Hmm.. ada apa?

 

Pasalnya, jika Anda mengomentari posting orang lain dan menemukan popularitas, nama merek Anda mungkin berada di bagian atas daftar komentar. Itulah algoritma yang digunakan oleh TikTok.
7. Buat tantangan Hashtag

Orang-orang TikTok menyukai tantangan. Sebagai contoh, #lalachallenge menarik lebih dari 200 juta pengguna, dari pengguna internet biasa hingga selebriti.

 

Apa artinya itu bagi bisnis Anda? Dengan menetapkan tantangan terkait produk, Anda dapat mencapai popularitas serupa.

merek fashion Tebakan mereka sudah membuktikannya, sungguh.

 

Mereka menggunakan tantangan hashtag #InMyDenim mengiklankan produk denim baru mereka. Alhasil, banyak pengguna TikTok yang membuat video menggunakan produk denim mereka.

Tantangan hashtag ini sangat efektif dalam mengiklankan produk bisnis. Sebab, untuk mengikuti tantangan tersebut, para kreator TikTok harus memiliki produknya terlebih dahulu, bukan?

Jika video tantangan terlihat keren, orang yang melihatnya akan tertarik untuk membuat video tantangan serupa. Itu artinya banyak orang yang akan membeli produk tersebut, bukan?
8. Gunakan Iklan TikTok

Salah satu strategi yang tidak boleh dilewatkan TikTok adalah menggunakan TikTok Ads.

Tak mau ketinggalan dengan platform media sosial lainnya, TikTok juga menawarkan layanan iklan berbayar lho. Ingin menjangkau audiens yang Anda tuju dengan cepat? Dia bisa!

TikTok menawarkan empat jenis produk periklanan:

Iklan Infeed: iklan muncul ketika pengguna menggulir umpan

Mempromosikan Tantangan Hashtag: iklan yang mengundang pengguna untuk menggunakan tantangan hashtag

Hasil / Filter yang difilter: filter atau efek khusus yang berisi informasi produk

Pengambilan merek: iklan gambar khusus, gif, atau video yang hanya muncul sekali sehari saat Anda pertama kali membuka aplikasi.

Dari keempatnya, InFeed Ads adalah yang paling populer. Untuk usaha kecil, jenis ini juga sangat menguntungkan.

👉 TRENDING:  Tips Instagram Marketing untuk Bisnis Anda

Pasalnya, selain anggaran untuk iklan yang relatif kecil, iklan tersebut nantinya akan muncul di feed audience. Sebenarnya, untuk membuat iklan lebih baik, ada opsi lain arah minat dan mengarahkan perilaku.

Faktanya, penargetan minat mirip dengan iklan Facebook dan iklan Instagram. Oleh karena itu, iklan hanya ditampilkan kepada audiens yang tertarik seperti bisnis Anda.

Meskipun kode etik akan mempelajari perilaku pengguna TikTok 7-15 hari yang lalu, kode etik juga akan menampilkan iklan yang sesuai dengan preferensi mereka.
9. Lihat Data Analisis Iklan TikTok

Coba katakan, “Pemasaran digital hanya dapat berhasil”telinga”? Hmm.. Menjalin hubungan hanya perlu mengetahui catatan seseorang, terutama dalam melakukan promosi, bukan?

Nah, jika Anda menggunakan TikTok Ads, Anda akan mendapatkan data tersebut. Selanjutnya, Anda dapat menganalisis apakah promosi berjalan dengan baik.

Caranya, tinggal klik menu Statistik di akun TikTok Anda.

 

Kemudian klik “View Statistics” untuk melihat hasil analisis setiap postingan.

TikTok juga memiliki fitur Analisis Pengikut, yang dapat memberi Anda wawasan tentang perilaku pengikut Anda. Dari konten apa yang sering mereka lihat, kapan mereka online, dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu, Anda dapat membuat konten yang lebih baik juga sesuai dengan tujuan Anda.
Yuk Gunakan Strategi Marketing TikTok, Sekarang!

TikTok dapat dianggap “kemarin sore” menurut iklan digital. Namun, strategi pemasaran TikTok tidak boleh dianggap remeh. Apalagi jika target pasar Anda adalah generasi baru yang aktif menggunakan platform tersebut.

Sukses di TikTok bukan lagi sekedar mimpi. Pada artikel ini, kami membagikan tips meningkatkan pemasaran bisnis online di TikTok yang dapat Anda gunakan. Berikut ringkasannya:

Ketahui cara kerja TikTok

Lihat ide konten yang menarik

Gunakan hashtag

Interaksi dengan influencer

Pengeposan konten yang stabil

Menanggapi komentar dari pengguna

Buat tantangan hashtag

Lihat data statistik konten

Oleh karena itu, untuk memudahkan bisnis Anda berkembang, penting untuk menggunakan beberapa strategi pemasaran digital. Untuk memudahkan Anda, kami telah menyiapkan ebook panduan pemasaran digital yang dapat Anda unduh secara gratis.

Originally posted 2022-05-05 09:32:55.