Tips Menabung di Rumah

Tips Menabung Di Rumah – Membiasakan menabung memang bukan hal yang mudah bagi sebagian orang, apalagi jika memiliki pemborosan yang sulit diatasi. Tentu saja, gaya hidup fast food tidak akan berdampak positif pada situasi keuangan kita. Oleh karena itu kita perlu menabung sebagai upaya untuk mengurangi faktor-faktor tersebut dan mengontrol aliran dana. Kecil kemungkinan Anda akan mulai belajar menjadi sehat secara ekonomi untuk meningkatkan finansial di masa depan. Nah, buat kamu yang ingin mulai mencoba menabung, Qoala merangkum 22 cara praktis menabung di rumah untuk mencoba kemampuan individumu.

1. Tetapkan Tujuan Tabungan dan Tulis Uang Anda Dekat

Jangan terburu-buru memikirkan penyelamatan cepat. Pertama, Anda perlu menetapkan tujuan menabung agar Anda bisa termotivasi dan bahagia. Tabungan off-saving akan memudahkan Anda tergoda untuk mengambil tabungan.

Tujuan menabung adalah untuk mengambil apapun, seperti barang yang diinginkan, untuk membeli rumah masa depan, atau untuk meminta pasangan. Jadi, agar lebih termotivasi untuk menyisihkan dompet, tuliskan polis tabungan yang Anda miliki di samping tabungan atau celengan Anda sebagai cara menabung di rumah. Sehingga setiap kali Anda menyisihkan uang untuk ditabung, Anda akan selalu mengingat tujuan Anda dan termotivasi.

2. Selalu Tetapkan Nilai Komposisi Yang Tepat, Jangan Tinggalkan

Cara terbaik untuk menghemat uang bukanlah dengan menyimpan sisa pengeluaran mingguan atau bulanan Anda, tetapi menyisihkan sejumlah uang tertentu dari penghasilan Anda. Jika Anda baru mulai terbiasa menabung, yang terbaik adalah memulai dengan nama yang sangat kecil, tetapi Anda harus memastikan bahwa Anda bisa mendapatkan uang ini.

Misalnya dengan menggunakan tips menabung harian, yaitu menyisihkan Rp 10.000 per hari. Jika Anda terus menyisihkan jumlah ini selama 20 hari, Anda akan menerima penghematan sebesar Rp 200.000. Berkomitmen pada diri sendiri bahwa Anda rajin menyisihkan nama tertentu untuk waktu yang bisa Anda tetapkan. Jika Anda memiliki rutinitas yang cukup, Anda dapat menambahkan kata secara perlahan.

3. Prioritaskan dan Tetap Pada Anggaran

Bingung cara menyisihkan tabungan? Ini adalah tanda bahwa Anda perlu membuat skala keuangan Anda yang paling penting, di sini. Skala penting adalah evaluasi kebutuhan sesuai dengan tingkat kebutuhan yang sebenarnya. Dengan membuat timbangan penting, Anda tidak akan ketinggalan membeli barang saat harus membayar cicilan atau tagihan.

👉 TRENDING:  Emas vs Bitcoin, Apa Investasi Terbaik

Keseimbangan yang baik akan menghemat pengeluaran uang yang sebenarnya tidak Anda butuhkan, dan ini akan membantu Anda keluar dari waktu yang terbuang percuma. Agar dapat melakukan penghematan yang tepat, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membuat timbangan penting, yaitu:

  • Tingkat permintaan
  • Sisihkan tabungan
  • Catat waktu rilisnya
  • Cari peluang, tempat, dan harga terbaik (misalnya, diskon)

Jangan terlalu banyak menetapkan standar, dan seimbangkan pendapatan Anda dengan pengeluaran. Jadi, setelah membuat skala penting, satu-satunya hal yang harus Anda lakukan adalah tetap berpegang pada anggaran. Tetap pada anggaran bersama sangat sulit, tetapi jika Anda ingin membeli barang-barang anggaran, ingatkan diri Anda bahwa Anda menabung untuk tujuan tertentu.

4. Kumpulkan Koin

Cara efektif menabung di rumah berikutnya adalah dengan mengumpulkan uang receh. Mungkin sebagian orang meremehkan nilai koin atau menukarnya, padahal mengumpulkannya bisa menjadi cara nyata untuk menghemat uang di rumah. Seperti kata pepatah, ‘Sedikit menjadi bukit’, menabung untuk uang receh bisa menjadi investasi tambahan jika Anda membutuhkannya atau dalam keadaan darurat.

Kumpulkan semua perubahan yang Anda terima dan berikan celengan ukuran yang jauh lebih besar agar koinnya muat. Anda juga bisa menggunakan celengan dari wadah bening, untuk melihat berapa banyak uang yang sudah terkumpul. Cara ini mungkin salah satu cara terbaik untuk menyelamatkan siswa.

5. Coba Cara Menghemat Daya 20.000

Dulu, seorang promotor bernama Ippho Santosa menjadi terkenal dengan tabungan rumah yang unik dan efektif. Artinya, dengan menyimpan semua Rp 20.000 yang Anda dapatkan dan meletakkannya di tempat babi. Kapan pun dan berapa pun penghasilan Anda, Anda harus segera menyetornya.

Misalkan Anda mendapatkan tiga potong uang kembalian Rp. 20.000,-, maka semua uang harus segera ditabung. Cara ini manjur banget, karena misal sehari kamu hemat 3 lembar Rp 20.000, lalu seminggu bisa kumpulkan Rp 420.000 lho. Jika Anda konsisten, Anda bisa menghemat Rp sebulan. 1,6 juta. Itu bagus, bukan?

👉 TRENDING:  Tips Menabung di Celengan

6. Menyimpan Hari Terbalik

Cara lain yang aman namun efektif untuk menabung di rumah adalah dengan menabung pada tanggal. Menabung dalam bentuk tanggal yang menyimpang menyimpan jumlah yang besar di awal dan menjadi lebih kecil di akhir bulan.

Misal dalam satu bulan ada 30 hari, maka dalam 1 anda harus menabung Rp. 30.000,-, dan pada 2 anda harus menabung Rp. 29.000,-, di 3 hemat Rp. 28.000,- dst.. Sampai akhir bulan tanggal 30, kamu hemat Rp. 1.000,-, lalu hemat sekitar Rp per bulan. 465.000,-.

Tidak perlu menghitung seperti di atas, Anda juga bisa menghemat perhitungan lainnya asalkan terus dikurangi. Misalnya, di awal bulan Anda menabung Rp 50.000 dengan potongan Rp 1.000 per hari. Berapapun biayanya, jika semakin besar maka ini bisa menjadi cara menghemat 10 juta dalam 3 bulan.

7. Simpan rekening bank terkecil setiap hari

Menabung harus berjalan beriringan. Menggunakan beberapa metode berbeda dapat membantu Anda tetap konsisten. Cara menabung rumah lainnya yang bisa Anda gunakan adalah dengan menyimpan uang kertas terkecil setiap hari. Simpan sedikit uang yang Anda miliki hari itu di celengan, dan lakukan ini secara teratur.

Bagaimana cara membuat rekening tabungan dengan cara ini? Setiap kali melihat dompet, segera masukkan sedikit uang yang Anda miliki ke dalam wadah atau celengan. Dengan cara ini, Anda juga bisa menanamkan rasa empati dalam mengelola keuangan Anda, dan bisa menjadi salah satu cara menyelamatkan anak sekolah di rumah.

8. Cobalah untuk Menyimpan Emas

Pada zaman dahulu, emas digunakan sebagai sumber tabungan dan investasi yang dapat diandalkan. Bagi yang memiliki uang lebih, mereka akan membeli perhiasan emas dan menyimpannya di rumah. Selain uang, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menabung emas, yang bisa dijadikan investasi.

Namun, perlu diingat bahwa harga emas naik hampir setiap tahun mengikuti kenaikan inflasi dari tahun ke tahun. Namun, menyimpan emas di rumah dapat melindungi penghasilan Anda dari depresiasi akibat inflasi. Cobalah untuk menyimpan emas sebagai cara untuk menabung di rumah, karena emas dalam bentuk ini sangat dianjurkan. Selain berada di rumah, Anda juga dapat menggunakan beberapa layanan simpan emas yang tersedia, salah satunya adalah Pegadaian.

👉 TRENDING:  Apa Itu Split Payment dan Manfaatnya untuk Bisnis

9. Berpartisipasi dalam Arisan

Arisan adalah kegiatan rutin di kalangan masyarakat Indonesia. Kini tidak lagi terikat dengan pekerjaan ibu, arisan bisa dilakukan oleh siapa saja, seperti kumpul keluarga, kumpul teman kantor, dan lainnya. Bagi Anda yang memiliki banyak lingkaran sosial, manfaatkan kesempatan bertemu sebagai salah satu cara untuk berhemat.

Cara kerja arisan sederhana dan mudah jika tidak memaksa Anda untuk menabung, dan akan membantu Anda untuk tetap konsisten dalam menabung. Sisihkan uang untuk arisan terlebih dahulu agar Anda tidak mengambil risiko digunakan untuk hal lain. Selain itu, pilih hobi yang sesuai dengan situasi keuangan Anda dan yang memberi Anda keuntungan.

10. Buat Rencana Diet untuk Memutuskan Belanja yang Tepat

Pengelolaan keuangan yang baik merupakan salah satu hal yang harus dilakukan ibu rumah tangga. Menabung bisa menjadi salah satu cara, lalu bagaimana cara menabung di rumah untuk ibu rumah tangga yang baik dan baik hati?

Bisa dimulai dengan menata dapur seefisien dan seefektif mungkin hingga ke detail terkecil. Dengan begitu Anda dapat mengurangi pengeluaran secara signifikan dan menghemat uang, misalnya dengan melakukan program memasak atau memasak rencana diet setiap hari. Rencana diet memudahkan Anda untuk mengontrol apa yang Anda beli dan cara bepergian sehingga Anda tidak menghabiskan banyak uang.

Selain itu, Anda dapat mengurangi risiko penumpukan dan pembusukan makanan dan perlu dibuang. Kemudian, rencana diet bisa membantu anda membuatnya untuk anak dan suami anda sehingga anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli makanan.

11. Apakah keluarga mingguan Anda perlu berbelanja?

Salah satu cara paling efektif untuk menyelamatkan ibu rumah tangga adalah dengan membeli barang-barang rumah tangga mingguan. Jika Anda sudah membahas tentang rencana diet sebelumnya, Anda bisa menggunakannya dengan cara ini. Dengan membeli bahan-bahan yang kamu butuhkan selama 7 hari, kamu bisa mengurangi pembelian barang yang tidak diinginkan. Dan jika Anda punya uang untuk membeli sisanya, Anda bisa menyimpannya di rumah.

Originally posted 2022-05-10 13:36:45.