Tips Menabung di Celengan

Tips Menabung di Celengan – Jika Anda mengingat masa kecil Anda, banyak orang tua akan mengajari Anda kebiasaan menabung. Tidak menggunakan cara modern seperti dompet digital atau membuka rekening bank, orang tua dulu atau bahkan sekarang sudah terbiasa dengan anaknya menabung di celengan.

Celengan adalah wadah yang biasanya terbuat dari plastik, timah, tanah liat, atau bahan lain dengan berbagai bentuk. Tujuannya untuk menarik sebanyak mungkin anak agar tetap aktif.

Namun, tahukah Anda bahwa manfaat bank babi ini ternyata tidak hanya membuat anak kecil lebih mudah menabung? Dilihat dari fungsinya yang hemat biaya, celengan masih bisa dijadikan sebagai tabungan yang efektif dan juga bisa digunakan oleh orang dewasa, termasuk di era sekarang ini.

Tidak seperti tabungan bank, Anda masih dapat dengan mudah menarik uang dari ATM atau melakukan transfer. Sedangkan jika Anda menabung menggunakan celengan, Anda tidak akan bisa menarik tabungan Anda tanpa membuka atau memecahkan wadahnya.

Oleh karena itu, cara menabung di bank babi ini masih dianggap efektif karena uang yang disimpan di dalamnya tidak mudah diambil atau digunakan. Nah, buat kamu yang suka dan ingin mencobanya, simak penjelasannya berikut ini.

Pilih Jenis Kontainer yang Tepat

Jenis celengan dapat diklasifikasikan menurut ukuran, bahan dan bentuknya. Meskipun tidak secara langsung mempengaruhi atau mendorong praktik tabungan, pilihan jenis celengan terkait dengan harga beli, volume konten, peluang penggunaan kembali, dan jenis uang yang dapat ditabung.

Misalnya, bentuk sederhananya adalah celengan timah. Biasanya celengan timah memiliki lubang di bagian atasnya sebagai tempat menaruh uang logam atau uang kertas. Sebaliknya, celengan jenis ini mudah dibuka dan ukurannya tidak terlalu besar, sehingga sangat cocok untuk operasional penyimpanan sementara.

Selain itu, ada celengan tanah liat yang masih terpelihara hingga saat ini. Mereka datang dalam berbagai bentuk dan sering dibuat dengan baik seperti binatang dan buah-buahan untuk menarik perhatian anak kecil. Dengan berbagai ukuran dan harga, Anda bisa memilih jenis celengan ini jika ingin menyimpan uang dalam jumlah besar.

👉 TRENDING:  Tips Menabung 1 Juta Per Bulan untuk Pemula

Ada juga celengan keramik yang lebih sederhana dan kuat dari tanah liat. Ibarat celengan yang terbuat dari tanah liat, Anda juga bisa menghemat banyak uang, dan menjadikannya sebagai hiasan ruangan.

Tentukan Jumlah yang Akan Dimasukkan

Ada praktik yang sangat berbeda di antara seruan baru-baru ini untuk tabungan sosial, yaitu tabungan. Misalnya, Anda dapat memilih untuk menyimpan masing-masing dengan minimal $ 5.000 yang ditemukan dalam aktivitas belanja harian. Jadi, setiap kali Anda membeli dan mendapatkan kembalian 5 ribu, Anda harus memasukkannya ke dalam celengan.

Dengan kata lain, uang yang disimpan di celengan hanyalah uang dengan perkiraan nilai 5 ribu. Hal ini juga dapat membantu Anda untuk lebih konsisten dan terus mengembangkan kebiasaan menabung. Meski terkesan kecil dan kecil, hasil tabungan di celengan dengan nama yang sudah ditentukan mungkin terdengar bagus di masa depan.

Mulailah Dengan Lebih Sedikit Uang

Anda tidak harus langsung pergi ke tempat yang luas, biasanya Anda bisa membiasakan diri menabung di bank dengan jumlah yang sedikit. Jika Anda memutuskan untuk melakukannya dengan murah dan mengambil risiko bandwidth rendah, Anda hanya membodohi diri sendiri.

Yang terpenting adalah membatasi atau menyesuaikan jumlah uang yang ingin Anda simpan sesuai dengan status keuangan Anda. Jangan memaksakan menabung dengan jumlah uang yang sangat kecil sampai ada kebutuhan pokok yang tidak dapat dipenuhi.

Namun, hindari juga kegemaran yang berlebihan untuk menghabiskan makanan, hiburan, dan jajanan yang terkesan lebih murah dan lebih sulit. Sebab, tanpa disadari, pengeluaran kecil tersebut seringkali menjadi penyebab naiknya biaya dan menghalangi Anda untuk menabung dengan lancar.

Tuliskan tujuan keuangan yang ingin Anda capai dari kegiatan menabung tersebut

Menyimpan uang akan terdengar sia-sia jika Anda tidak memiliki tujuan keuangan yang harus dipenuhi atau perlu dibeli. Tanpa tujuan ini, menabung adalah tugas mengumpulkan kekayaan, dan seringkali terjebak di tengah jalan karena kurangnya motivasi untuk melakukannya.

👉 TRENDING:  Tips Menabung di Rumah

Jadi, untuk menjaga antusiasme Anda terhadap tugas yang ada, Anda dapat menuliskan tujuan keuangan Anda atau menempelkan gambar hal-hal yang ingin Anda miliki dalam kerja keras Anda menabung. Dengan begitu, setiap kali Anda tergoda untuk menarik uang dari bank babi, Anda akan ingat untuk kembali ke tujuan awal menabung.

Selain bisa menjadi sumber penyemangat untuk terus berusaha menabung, uang di bank babi juga akan tetap aman. Oleh karena itu, tulislah tujuan keuangan Anda di tempat yang mudah dilihat dan dijangkau dimana celengan disimpan agar tidak terjadi kesalahan.

Letakkan celengan di tempat yang tersembunyi dan sulit dijangkau

Ini membantu Anda untuk melupakan bahwa Anda benar-benar memiliki uang yang telah Anda simpan dan tidak membuat kesalahan dengan membelanjakannya untuk hal-hal yang tidak memenuhi tujuan yang telah Anda tentukan sebelumnya.

Anda tidak perlu menggali lubang dan mengubur tabungan Anda dalam-dalam, Anda bisa menyembunyikan celengan di atas lemari yang hanya bisa dijangkau oleh tangga, di ujung kasur yang tidak mudah dijangkau, dan sebagainya. . Menempatkan celengan di tempat yang tidak terjangkau akan membuat Anda enggan mengambil uang darinya sehingga tabungan Anda bisa tetap aman dari ngidam makanan yang mungkin tiba-tiba muncul.

Jangan meremehkan Perubahan Serius

Sebagian besar dari Anda mungkin tidak begitu menghargai program 500 atau 200 Rupiah dan sering lupa atau tidak sengaja membuangnya. Bahkan, jika koin-koin ini dikumpulkan dan disimpan secara teratur, mereka dapat diakumulasikan. Bahkan, jika Anda terus-menerus santai dan disimpan, nama itu dapat digunakan untuk membeli barang-barang yang Anda inginkan atau inginkan.

Seperti kata pepatah, sesuatu yang dikumpulkan secara bertahap, dalam jangka waktu yang lama, akhirnya menjadi gundukan. Itulah yang akan terjadi pada Anda jika Anda menyimpan kembalian yang Anda dapatkan setiap hari. Daripada rugi dan terbuang karena kesalahan, bukankah lebih baik uang kembalian masuk ke bank babi?

👉 TRENDING:  Tips Menabung Untuk Menikah. Begini Perhitungannya!

Jika Anda terbiasa untuk waktu yang lama, celengan akan terasa berat dan perubahannya bisa menjadi investasi tambahan untuk memenuhi semua kebutuhan Anda.

Jadikan Kabar Orang Berhasil Disimpan di Celengan Sebagai Motivasi

Anda mungkin telah memperhatikan postingSebuah artikel yang diterbitkan online sejak lama adalah tentang seorang wanita yang mampu menghasilkan banyak uang karena kebiasaannya yang menghemat usia. Ya, momen tersebut berhasil membuat heboh di dunia kasat mata dan membuatmu iri pengguna jaringan karena uang yang terkumpul di celengan juga sangat besar dan bisa digunakan untuk membeli barang idaman pemiliknya.

Lain cerita, seseorang di Yogyakarta juga berbagi momen yang sama di tahun 2018. Hebatnya lagi, ia mampu membeli sebuah sepeda motor hanya dengan menggunakan uang koin 1000 Rupiah yang dikumpulkan dalam 3 liter air. Menurut statistik, tabungannya diperkirakan mencapai 14 juta.

Namun, cerita seperti ini dapat membuktikan bahwa menabung di bank babi masih merupakan cara yang efektif untuk mengumpulkan uang. Karena banyak wadah yang sulit dibuka tanpa dihancurkan dan Anda dapat berinvestasi dengan cara apa pun, celengan dapat menjadi alat yang hebat untuk menyelamatkan Anda yang mungkin kesulitan membangun kebiasaan ini.

Bank telah lama digunakan sebagai cara untuk menyimpan uang untuk sementara waktu dan orang cenderung menabung. Selama Anda rajin dan konsisten, menabung di bank babi dapat membantu Anda dengan mudah mencapai tujuan keuangan jangka pendek atau membeli barang impian. Yang terpenting, selalu coba transfer uang dari pig bank ke rekening bank jika namanya cukup besar untuk tingkat keamanan yang terjamin.

Originally posted 2022-05-10 13:43:54.