Cara Belajar Trading Saham Dari Nol Sampai Sukses

Setiap orang yang memperhatikannya, ingin mencobanya. Apakah Anda akan menjadi investor (pembeli) atau penjual (penjual)? Ketika Anda memutuskan untuk menjadi seorang trader dan trading, ada beberapa hal yang perlu dipelajari agar proses trading dapat berjalan dengan lancar dan efisien. Ayo masuk, lihat dan nikmati sendiri!
Apa itu Bursa Efek?

Perdagangan saham atau stock trading merupakan kegiatan yang biasa dilakukan oleh mereka yang memilih untuk memasuki pasar saham. Pialang saham adalah seseorang yang ingin mendapat untung dari jual beli sekuritas. Pedagang dapat menjadi ahli dalam perdagangan atas nama perusahaan keuangan atau orang yang berdagang untuk diri mereka sendiri. Pialang saham berpartisipasi di pasar keuangan dalam berbagai cara.
Bagaimana Anda Bisa Belajar Trading?

Keterlibatan di pasar saham, sebagai investor dan pedagang, membutuhkan investasi dan waktu, serta riset pasar dan pengetahuan. Ada 5 cara belajar trading saham, simak dibawah ini ya!

Baca juga: 8 Tips Bagi Pemula Belajar Berbagi, Apa?
1. Membaca Buku

Perdagangan saham telah dilakukan oleh banyak orang sejak lama. Ada banyak statistik sukses lahir di pasar saham dan beberapa dari mereka telah berbagi pengetahuan mereka dengan buku-buku yang telah mereka tulis. Pelajari langkah-langkah yang mereka ambil saat memulai bursa saham dan sesuaikan dengan keadaan Anda saat ini. Baca juga buku tentang saham dan investasi.

👉 TRENDING:  Cara Trading Saham di Stockbit Sekuritas

Temukan rekomendasi buku saham terlaris yang mencakup perdagangan saham untuk para profesional dan ahli. Anda dapat menemukan buku visual atau e-book yang dapat Anda temukan secara online. Luangkan waktu untuk berbincang dengan rekan kerja atau mereka yang berpengalaman di bidang investasi saham.
2. Tentukan Anggaran Perdagangan Saham

Salah satu cara Anda dapat melakukan ini pada tahap awal aktivitas perdagangan saham adalah dengan berkontribusi pada pola saham Anda dari waktu ke waktu. Dengan menentukan pasar saham yang Anda gunakan, akan lebih mudah bagi Anda untuk menghitung keuntungan yang akan Anda peroleh. Kelola keuangan Anda sebaik mungkin.

Menempatkan lebih dari 10% portofolio Anda pada setiap saham dapat membuat tabungan Anda tidak sehat. Oleh karena itu, pastikan untuk berinvestasi hanya dalam jumlah yang telah Anda hitung dan masih dalam kisaran yang wajar jika Anda kehilangannya. Jangan mengeluarkan uang ekstra untuk pengeluaran sementara seperti kebutuhan sehari-hari, cicilan, dan biaya sekolah anak. Dan pastikan bahwa ketika Anda berdagang, Anda memiliki dana darurat yang sehat dan tabungan pensiun yang aman.

Baca juga: Ingin Sukses? Ketahui 7 Tips Trading Saham Paling Ampuh
3. Jangan Lupa Pilih Akun Penjual / Merchant

Setelah memutuskan berapa banyak yang akan dibelanjakan untuk saham, Anda juga perlu memilih akun trader/trader yang berdampak pada jenis trading yang akan Anda lakukan. Anda tidak dapat memulai perdagangan saham tanpa akun pedagang.

👉 TRENDING:  Aplikasi Saham Online Terbaik dan Terpercaya Yang Terdaftar Resmi di OJK

Pialang adalah perusahaan yang berdagang atas nama Anda. Karena memiliki pengaruh dan kekuatan yang besar terhadap akun Anda, pastikan seller/penjual yang Anda pilih adalah seller/penjual yang baik. Jangan lupa bahwa penjual terbaik Anda akan bergantung pada kebutuhan spesifik Anda.

Setiap broker/dealer memiliki ketentuan yang berbeda dalam hal biaya yang dikenakan seperti biaya komisi untuk pengelolaan saham Anda. Jika Anda membeli saham individu melalui pedagang non-komisi, Anda tidak akan dikenakan biaya apapun.

Namun, begitu Anda mulai menjual saham, dan jenis investasi lainnya, Anda perlu memahami rasio biaya. Dana dipegang oleh seseorang yang dibayar sebagian dari aset dana setiap tahun. Selain biaya, Anda juga perlu mempertimbangkan toleransi risiko Anda. Metode penilaian risiko yang paling umum melibatkan mempertimbangkan situasi hipotetis di mana investasi Anda tiba-tiba kehilangan 50% dari nilainya.
4. Belajar Trading Saham

Tugas memiliki broker sudah selesai, saatnya memutuskan saham apa yang ingin Anda jual. Jika Anda memutuskan untuk berinvestasi di setiap saham, pastikan untuk menggunakan kriteria analitis untuk membandingkan kinerja perusahaan dengan pesaingnya. Dibutuhkan ketelitian dan kehati-hatian dalam memilih setiap stok. Menggunakan analisis komparatif yang komprehensif dapat membantu memastikan bahwa Anda menambahkan saham terbaik ke portofolio Anda.
5. Tentukan jenis perdagangan mana yang terbaik untuk Anda

👉 TRENDING:  Cara Jitu Investasi Saham Online Untuk Pemula Agar Cuan Terus

Menentukan jenis perdagangan sama dengan menentukan arah jalan untuk mencapai tujuan Anda. Ada dua jenis utama perdagangan saham, perdagangan aktif dan perdagangan hari. Perdagangan yang efektif adalah investasi yang dilakukan investor 10 atau lebih perdagangan per bulan. Biasanya, mereka menggunakan strategi yang sangat bergantung pada waktu pasar, mencoba memanfaatkan peristiwa jangka pendek untuk menghasilkan keuntungan dalam beberapa minggu atau bulan mendatang.

Perdagangan hari adalah strategi yang digunakan oleh pialang saham untuk membeli, menjual, dan menutup posisi saham mereka yang sama pada satu hari perdagangan. Tujuan perdagangan hari adalah untuk menghasilkan beberapa dolar dalam beberapa menit, jam, atau hari berikutnya berdasarkan. pada fluktuasi harga harian.
5 Cara Belajar Berbagi Saham Dari Nol Sampai Sukses Versi RHB Semoga membantu Anda dalam berinvestasi, ya! Mari pelajari cara berinvestasi saham online, strategi investasi, dan opsi saham berbasis saham. Manfaatkan sistem saham RHBTRADESMARTID yang dilengkapi dengan berbagai fitur untuk memudahkan investor berinvestasi di mana saja dan kapan saja. Download aplikasi RHB Tradesmart dari Playstore dan Appstore sekarang.

Originally posted 2022-05-11 17:00:47.